Pendampingan Pertanian, KNPI Sulsel Berbagi Bibit Benih Horti di Bone

  • Whatsapp
Pendampingan Pertanian, KNPI Sulsel Berbagi Bibit Benih Horti di Bone

 

Pendampingan Pertanian, KNPI Sulsel Berbagi Bibit Benih Horti di Bone

Bacaan Lainnya

BONE, UPEKS.co.id— Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Sulawesi  Selatan melalui Biro pertanian melakukan pendampingan pertanian dan berbagi bibit benih horti serta masker  kepada Pemuda Amali di Desa Tassipi, Kecamatan Amali, Kabupaten Bone, Selasa (14/04/20).

Bibit benih yang diberikan berupa benih cabai rawit bayam, timun, kacang panjang, paria, jagung manis dan lain- lain.

Biro Pertanian KNPI Sulsel, Arfan, menjelaskan kegiatan ini masih kelanjutan dari program klinik tani dimana dalam  situasi mewabahnya virus korona pemuda di desa mesti tetap produktif dan tetap sehat bisa melalui berkebun  tanaman horti.

“Jadi pada kesempatan ini, biro pertanian selain berbagi masker juga ikut berbagi benih sayuran seperti paria, bayam, kacang panjang dll untuk ditanam dengan memanfaatkan lahan pekarangan atau lahan sempit,” ujarnya

Sementara Biro Penanggulangan Terorisme dan Radikalisme KNPI sulsel Sopian Tamrin, yang juga penggagas lahan sayur ini mengatakan hasil riset menunjukkan bahwa anak muda memiliki tingkat kerentanan terdapat radikalisme sangat tinggi, olehnya itu aktivitas bertani bisa menjadi satu alternatif mengisi luang agar bisa terhindar  dari kegiatan yang negatif termasuk terorisme dan radikalisme.

“Ini adalah satu pendekatan pencegahan yang berbasis desa dengan melihat corak dan Karaktristik masyarakat. Artinya memberdayakan pemuda adalah cara sederhana yang sangat signifikan. Jika punya kesibukan yang pasti maka masyarakat sulit untuk dikontaminasi,” terang Sopian Dosen Muda UNM ini

Sedangkan Ketua DPD KNPI Sulsel, Nurkanita kahfi saat dikonfirmasi, mengatakan bahwa Pemuda yang produktif  akan ikut mendorong terbentuknya kemandirian ekonomi pemuda khususnya di desa.

“Bahwa kegiatan ini ini bagian dari upaya merealisasikan program KNPI Sulsel yakni ‘satu desa satu pemuda,” jelasnya.

Ditempat yang sama, Irwan, S.Pd Pemuda Desa Tassipi yang juga pengelola lahan sayur ini sangat berharap bisa  membantu meringankan beban ibu-ibu sekitaran lahan.

“Ini tujuan kami dan sangat senang karena didukung oleh banyak orang termasuk KNPI Sulsel,” Tambah mantan  ketua Imori Sulsel tersebut. (jir)

Pos terkait