Pandemic Covid-19, PMD Perpanjang Proses Penyelesaian Permasalahan Pilkades Caramming

  • Whatsapp
Pandemic Covid-19, PMD Perpanjang Proses Penyelesaian Permasalahan Pilkades Caramming

Pandemic Covid-19, PMD Perpanjang Proses Penyelesaian Permasalahan Pilkades Caramming

BULUKUMBA, UPEKS. co.id— Dua kandidat calon Kepala Desa Caramming, Kecamatan Bontotiro, Kabupaten  Bulukumba, Provinsi Sulawesi Selatan, yang berhasil meraup suara seri (sama) pada Pemilihan Kepala Desa
(Pilkades) Caramming berharap kepada PPK dan PPKD agar segera melakukan penyelesaian Pilkades
Caramming.

Bacaan Lainnya

Sebelumnya kedua kandidat ini berharap agar hasil suara seri Desa Caramming, menyerahkan sepenuhnya  kepada PPK Kabupaten Bulukumba, dalam hal ini Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD).

Adapun daftar pemilih tetap (DPT) Desa Caramming sebanyak 1.644. Pasca rekapitulasi suara, kandidat A.  Jamriwali (nomor urut 2) mendapatkan suara 292, sedangkan, Abd. Hamid, S.Ag (nomor urut 3) yang juga  incumbent mendapat suara 292 pada Pilkades yang digelar, 5 Maret 2020 lalu.

Berdasarkan informasi yang dihimpun oleh Polres Bulukumba, Senin (13/4/20) dua kandidat Cakades ini masih  tetap berharap menunggu hasil dari PPK Kabupaten Bulukumba, Keduanya berharap ada solusi yang terbaik.

“Harapan saya agar PPK dan PPKD secepatnya menyelesaikan permasalahan Pilkades Desa Caramming dengan  mengacu pada regulasi yang ada yaitu Permendagri 112 Tahun 2014 dan Perda Kab. Bulukumba Nomor 04  Tahun 2015. Karena masyarakat Desa Caramming sudah lama menunggu hasil dari Pilkades tersebut,” jelas Abd.  Hamid.

Sementara itu, Kepala Dinas PMD A.Kurniady menerbitkan surat yang ditujukan kepada Ketua PPKD Desa  Caramming dan Ketua PPKD Desa Balangtaroang. Sebagaimana dalam isi surat tersebut adalah;

Menindaklanjuti Surat Mendagri RI, Nomor :141/2677/SJ, Tanggal 24 Maret 2020, Perihal Saran Penundaan  Pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa Serentak dan Pemilihan Kepala Desa Antar Waktu, Maklumat Kapolri, Nomor: Mak/2/III/2020, tentang Kepatuhan terhadap Kebijakan Pemerintah  Dalam Penanganan Peyebaran Virus Coronan (Covid-19).

Selain itu, Surat Keputusan Bupati Bulukumba, Nomor 188.45-20041.3 Tahun 2020, Tanggal 24 Maret 2020  Tentang Penetapan Status Siaga Darurat Bencana Non Alam Wabah Penyakit Pandemic Corona Virus Disease- 19 di Kabupaten Bulukumba, maka dengan ini kami sampaikan beberapa hal sebagai berikut :

Dengan mewabahnya Penyakit Pandemic Corona Virus Disease-19, maka langkah antisipasi yang dilakukan  pemerintah yaitu melakukan pembantasan kegiatan sosial seperti pertemuan dan rapat;

Proses penyelesaian permasalahan hasil pemilihan di Desa Caramming, Kecamatan Bontotiro dan Desa  Balangtaroang Kecamatan Bulukumpa dibutuhkan pembahasan,  penyaksian dan pembuktian melalui pertemuan atau rapat;

Hasil Pemilihan Kepala Desa Tahun 2020 yang memperoleh suara terbanyak lebih dari satu orang calon Kepala  Desa diperlukan konsultasi dengan Dengan Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa dan Biro Hukum Provinsi Sulsel serta Direktorat Jenderal Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia;

Memperpanjang waktu penyelesaian permasalahan dari Tanggal 5 April 2020 sampai dengan waktu yang belum  ditentukan;

Terkait dengan batas waktu penyelesaian permasalahan akan dilakukan evaluasi dengan menyesuaikan situasi  status siaga darurat bencana non alam wabah penyakit pandemic corona virus disease-19 di Kabupaten  Bulukumba;

Meminta kepada pihak-pihak terkait untuk bisa memahami dan memaklumi perpanjangan penyelesaian  permasalahan.

Demikian disampaikan atas perhatian dan kerjasamanya diucapkan terima kasih, kata Kepala Dinas PMD  A.Kurniady dalam surat yang dikirim tertanggal 3 April 2020.

Jajaran Polres Bulukumba, dibawah kendali Kapolres Bulukumba AKBP Gany Alamsyah Hatta, S.Ik hingga saat ini  masih tetap melakukan komunikasi intens dengan dua kandidat Calon Kepala Desa Caramming tersebut.

Meski demikian Polres Bukukumba berharap kepada masyarakat Caramming agar tidak terprovokasi atas hasil  suara seri tersebut, apalagi jelang Pilkada 2020.

“Kami berharap agar masyarakat Desa Caramming dan masyarakat Desa Balangtaroang agar tetap tenang.  Terkait soal hasil suara seri Pilkades Caramming kita serahkan saja kepada Panitia Kabupaten dalam hal ini Dinas PMD,” jelas Kapolres Bulukumba. (suf)
————-

Pos terkait