Lingkungan Rajaya Baru 30 Tahun,tak Tersentuh Akses Jalan, TMMD Ke-107 Kodim 1426 Takalar Tampil  Sebagai Mediator

  • Whatsapp
Lingkungan Rajaya Baru 30 Tahun,tak Tersentuh Akses Jalan, TMMD Ke-107 Kodim 1426 Takalar Tampil  Sebagai Mediator

Lingkungan Rajaya Baru 30 Tahun,tak Tersentuh Akses Jalan, TMMD Ke-107 Kodim 1426 Takalar Tampil  Sebagai Mediator

TAKALAR, UPEKS.co.id—-Keberadaan TNI Manunggal Membangun Desa ( TMMD )Ke 107 Kodim 1426 Takalar
disambut positif oleh warga Kelurahan Rajaya Kecamatan Polongbangkeng Selatan Kabupaten Takalar Sulawesi  Selatan (Susel).

Bacaan Lainnya

Kelurahan Rajaya memiliki empat Wilayah Lingkungan yakni Lingkungan Kampung Beru, Lingkungan Rajaya Baru,  Lingkungan Rajaya lama Lingkungan Barugaya

Antusias masyarakat saat kedatangan TMMD ke 107 Kodim 1426 Takalar akan merealisasikan programnya  secara terstruktur,ada dua program yang jadi skala prioritas yakni progaram fisik dan program non fisik.

Anggota TMMD ini akan menyelesaikan tugasnya selama 30 hari kedepan atau tgl 14 Maret dan berkahir 14 April  2020.

Agenda utamanya TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke 107 kodim 1426 Takalar membangun jalan  baru, Talud Drainase,MCK dan Bedah Rumah bagi warga yang kurang mampu.

Sebelum absen TMMD tersebut akses jalan sangat sulit dilewati oleh warga yang berdomisili di kelurahan Rajaya  ini yang selalu jadi keluhan,sebab ini akan berdampak langsung terhadap perkembangan dan kemajuan ekonomi  masyarakat,Kabupaten Takalar.

Tiga puluh (30) tahun akses jalan di lingkungan Rajaya Baru atau kampung parang parang cambaya belum  pernah tersentuh boleh pihak pemerintah setempat,khusus akses jalan menghubungkan batas wilayah ke asrama 726 Tamalatea Jeneponto

Sebab akses jalan dikerjakan oleh Tim TMMD dengan melibatkan 150 personil diantaranya Polres Takalar,TNI,Pemda dan Masyarakat setempat. panjang jalan dikerjakan 2400 meter lebar 5 meter.

Sejak proses pekerjaan fisik beroperasi, Masyarakat juga termotivasi dan berbaur karena manunggalnya masyarakat dengan TNI secara responsible,serta memiliki power tersendiri dalam proses pekerjaan untuk segera terselesaikan dan kualitas baik.

Dengan peraonil cukup memadai,sejumlah progaram TMMD yang sudah terakumulasi segera terselesaikan dengan tangan tangan yang kreatif dan inovatif untuk kemajuan masyarakat secara publik.

Keberadaan TNI Manunggal Membangun Desa ke 107 kodim 1426 Takalar suatu berkah tersendiri,terhadap warga Kelurahan Rajaya Kecamatan Polongbangkeng Selatan (Polsel) Kabupaten Takalar Sul-sel.

Tentunya banyak program yang lebih dominan bersentuhan langsung dengan masyarakat.

Tim TMMD berada di kelurahan Rajaya selama 30 hari kedepan,untuk membantu masyarakat, ringankan bebannya, sebab TNI tidak bisa terlepas dari pangkuan Masyarakat,TNI lahir dari rakyat,secara emosional.

Niat dan ikhlas di tunjukkan oleh anggota Tim TNI Manunggal Membangun Desa, sebagai representase keberhasilan Kemanunggalan Rakyat dengan TNI.Salah wujud nyata ikatan emosional rakyat TNI dan Pemerintah terbangunnya sebuah kebersamaan untuk,merubah pola pikir masyarakat secara rasional dengan pertimbangan fakta.

Sejumlah kegiatan dikerjakan oleh TMMD ke 107 kodim 1426 Takalar,lebih konsentrasi pada perbaikan ekonomi masyarakat, selama ini hambatannya adalah akses jalan belum memadai artinya sebelum ada TMMD akses jalan  lingkungan Kampung Beru, menghubungkan dengan lingkungan Rajaya Baru atau Parang-Parang cambaya  sangat susah dilalui apalagi, kalau musim hujan.

Keresahan warga kampung Beru dan lingkungan Rajaya Baru ( Parang-Parang Cambaya) selama ini  mengeluh,namun keluhan itu terjawab dengan kehadiran TMMD ke 107 Kodim 1426 Takalar selama sebulan  bersktivitas berbaur dengan masyarakat, bersatu,membangun dan merubah pola pikir masyarakat,khususnya
wajib menjaga kebersihan baik secara individu maupun secara sosial.

Sebab agenda TMMD ke 107 juga ada kegiatan non fisik seperti pemeriksaan kesehatan gratis dari TNI, penyuluhan,namun tidak maksimal disebabkan karena oendemi virus Corona 19.

Sehingga lebih konsentrasi pada  kegiatan fisik atau penyelesaian,akses jalan titik awalnya lingkungan Kampung Beru berakhir lingkungan Rajaya Baru.

Tim TMMD melakukan fisik akses jalan sepanjang 2400 meter atau 2,4 KM.Lebar meter.Talud 1,200 meter samping kiri dan kanan.Selain mengerjakan dan memperbaiki akses jalan , TMMD ke 107 kodim 1426  Takalar,membuka akses jalan baru 5×6 m menghubungkan lingkungan Parang parang cambaya.tiga puluh  tahun terisolasi

Keberadaan akses jalan yang dikerjakan oleh Tim TMMD akan mempermudah masyarakat Rajaya menggunakan kendaraan roda dua dan empat mengangkut hasil bumi seperti kalau panen padi dan jagung sudah bisa diangkut dengan mudah.sebelumnya hanya menggunakan tenaga manual yakni memikul hasil bumi menuju ke rumah warga setempat.

Warga Kampung Beru kelurahan Rajaya Daeng Saung,sebagai warga sangat berterima kasih terhadap tim  TMMD ke 107 Kodim 1426 Takalar, telah membantu masyarakat, memperbaiki akses jalan dengan bergotong  royong selama ini hampir puluhan belum tersentuh bantuan.

“Kami patut berbangga kepada TMMD terhadap attensi dan langsung membuktikan Kinerjanya kepada  masyarakat.Selama Aktvitas berlangsung masyarakat mensuppor penuh bekerjasama untuk menuntaskan proyek  jalan sebab kita sendiri yang menikmatinya.”jelasnya.

Kata Dg Saung keberadaan Tim TMMD ke 107 Kodim 1426 Takalar dikelurahan Rajaya masyarakat sangat  terbantu,khususnya akses jalan saat ini sedang dikerja.

“Sebab akses jalan dikerja TMMD ke107, terjadi ada pelebaran jalan dengan kualitasnya sangat  bagus.  Sebelumnya Jalan kampung Beru belum terhubung ke lingkungan Parang-Parang Cambaya dan
Alhamdulillah sekarang sudah terhubung karena kerja Tim TMMD ke 107 kodim 1426 Takalar,”pungkasnya.

anjut dikatakan,kalau musim hujan jalanan tersebut tergenang dengan air hujan karena drainasenya tidak ada.tapi  alhamdulillah TMMD ini membuat kami bersyukur akses jalan bagus, dan bisa menunjang perbaikan pendapatan  masyarakat kelurahan Rajaya.

Sementara Kepala lingkungan Parang-Parang Cambaya Kunjung Dg Luru mengatakan pembuatan akses jalan  masyarakat sangat terbantu,warga tidak lagi melewati pos Asrama Yonif 726 Tamalatea.

“Bukan hanya itu dengan akses jalan yang sudah dirintiis oleh TMMD ke 107 tiga puluh (30) tahun lewat tidak  bisa berbuat banyak,karena akses jalan belum terbuka.”ungkapnya.

Tapi Alhamdulillah transportasi segera dinikmati boleh masyarakat Takalar khususnya warga Kelurahan  Rajaya.

“Terbukanya akses jalan, 30 belum terjamah,harga tanah diseputaran jalan tersebut nilai jualnya akan  meningkat”terang Kunjung Dg Luru.

Selain harga tanah naik,pendapatan masyarakat juga ikut terdongkrak sebab akses jalan sebagai transportasi  penghubung, pengangkutan hasil bumi lebih mudah dan gampang.

Sementara Kodim 1426 Takalar Letkol Inf Ilham Yunus juga sebagai Dansatgas TMMD ke 107 Kodim 1426  Takalar.

“Kegiatan program TMMD ke 107 kami tetap monitor dan evaluasi sejauh mana progares kegiatan fisik  alhmdulillah berjalan sesuai dengan rencana walaupun kondisi saat ini diterpah dengan wabah virus Corona 19.”jelasnya.

Lanjut perwira dua Bunga ini wabah virus Corona (Covid 19) tidak mengganggu akvitas khsusnya pada pekerjaan  fisik, tetap berjalan dan Alhamdulillah progresnya cukup bagus.

“Kita berharap sejumlah pekerjaan fisik dan pelayanan kesehatan masyarakat juga bisa dilayani dengan baik dan  maksimal.” terangnya.

Dikatakannya, TMMD ke 107 memberikan warna baru bagi masyarakat masyarakat khususnya warga kelurahan  Rajaya yakni memberikan layanan kepada masyarakat secara proporsional,dan paling sangat dirasakan  masyarakat adalah akses jalan menghubungkan lingkungan Kampung Beru dan lingkungan Parang-Parang  Cambaya.

“Kami optimis pergerakan ekonomi masyarakat akan lebih cepat,karena akses jalan sudah bagus dan bisa dilewati oleh masyarakat. Dan harga tanah juga bisa lebih meningkat dari tahun sebelumnya.”pungkasnya.(Jah)

Pos terkait