Kemenag Terima Peserta Didik Baru Untuk Madrasah Negeri Secara Online

  • Whatsapp
Kemenag Terima Peserta Didik Baru Untuk Madrasah Negeri Secara Online

Makassar, Upeks.co.id–Sejak mewabahnya corona virus Covid-19, Rapat Koordinasi (Rakor) via video confrence dengan memanfaatkan aplikasi Zoom Meeting dan Zoom Cloud acap kali dilakukan demi tetap terjaganya social distancing dan physical distancing sebagai upaya untuk mencegah dan memutus mata rantai penularan Covid-19.

Hal serupa dilakukan Kepala Bidang Pendidikan Madrasah Kemenag Sulsel H Masykur yang mengundang seluruh Kepala Seksi (Kasi) Pendidikan Madrasah / Pendidikan Islam serta Kasi Kurikulum dan Kesiswaan Kanwil Kemenag Sulsel untuk terlibat dalam rakor melalui video conference.

Bacaan Lainnya

Rakor dipandu langsung H Masykur membahas beberapa permasalahan, antara lain arahan untuk menyelenggarakan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tahun 2020 secara online, terutama untuk Madrasah Negeri sedangkan Madrasah swasta disarankan untuk menyesuaikan.

Dari ruang kerjamya, Kabid yang pernah menjabat sebagai Kepala Madrasah ini juga menyoal tentang petunjuk teknis penyediaan dan pelaksanaan PPDB online pada website madrasah.

“Mohon dikoordinasikan dengan Kakan Kemenag masing-masing serta pihak Madrasah. Surat edaran akan menyusul setelah kerangka juknis tentang PPDB Online selesai disusun. Dan Insya Allah Rakor pemantapan PPDB Online ini akan kita laksanakan pada hari Senin13 april dengan tetap secara online,” ucapnya, Rabu 8 April 2020.

Adapun alasan diberlakukannya PPDB pada semua tingkatan Madrasah, menurut Kabid Penmad adalah disamping sebagai upaya untuk menghindari adanya kegiatan berkumpul atau kontak langsung, juga dalam rangka mengangkat citra madrasah yang mengedepankan penggunaan Teknologi Informasi.Kemenag Terima Peserta Didik Baru Untuk Madrasah Negeri Secara Online

Usai pemaparannya, H Masykur kemudian meminta kepada seluruh Kasi untuk memberikan tanggapan dan masukan. Kesempatan ini dimanfatkan oleh Kasi Pendis Kemenag Tana Toraja Drs.Suarsi Sidik yang mengusulkan agar Madrasah yang berada dipelosok dan belum terjangkau signal internet kiranya diberi toletansi dalam penerapan PPDB online.

Sebagai informasi bahwa Kabid Penmad sebelum melakukan Rakor online dengan para Kasi Penmad/Pendis se Sulsel, Ia telah beberapa kali terlibat dalam.Video confrence yang melibatkan para Kabid Penmad se Indonesia, seperti pada hari Selasa (31/3) melakukan video confrence dengan Subdit Pusat yang membahas terang TPG, dan pada hari Kamis (2/4) kembali terlibat video confrence dengan Subdit MA dengan materi bahasan tentang pengawasan, dan pada hari Senin (10/4) video confrence dengan Subdit Kelembagaan, yang mengagendakan pembahasan tentang evaluasi dana BOS 2019, Identifikasi kelebihan dan kekurangan dana BOS 2020, dan pembahasan pagu indikatif sasaran BOS 2021 serta perubahan juknis BOS untuk mitigasi covid-19. (rls)