FK-UMI Bantu Unhas Alat PCR dan Back Up SDM Tangani Covid-19

  • Whatsapp
FK-UMI Bantu Unhas Alat PCR dan Back Up SDM Tangani Covid-19

FK-UMI Bantu Unhas Alat PCR dan Back Up SDM Tangani Covid-19

MAKASSAR.UPEKS.co.id—Sebagai wujud kepedulian kemanusiaan, UMI sebagai lembaga pendidikan dan dakwah sangat atensi dalam penanganan mewabahnya Corona Virus Disease (Covid-19). Kepedulian itu ditandai
terealisasinya sederet program.

Diantaranya, Fakultas Kedokteran (FK) UMI bantuan materil dan SDM ke Universitas Hasanuddin (Unhas). Dalam
hal ini FK-UMI,  mem-back up Unhas dengan meminjamkan alat pemeriksaan real time Polymerase Chain Reaction  (PCR).

Alat yang digunakan untuk menangani pasien Covid-19 ini diserahkan FK-UMI ke Hasanuddin University Medical  Research Centre (HUMRC) sejak 6 April 2020 lalu,

”Alat FK-UMI ini dipinjamkan selama pandemic Covid-19 untuk membantu pemeriksaan pasien yang dicurigai menderita Covid-19,” ungkap Ketua Unit Penelitian,Publikasi, dan Pengabdian Masyarakat Fakultas Kedokteran  (UP3M) UMI, dr Armanto Makmun, M.Kes, Rabu (22/4/2020).

Selain alat deteksi Covid-19, kata dr Armanto Makmun, FK-UMI juga menerjunkan staf dan dosen sebagai  relawan lapangan untuk bertugas di HUM-RC FK-Unhas serta menyumbangkan Alat Pelindung Diri (APD).

Tugasnya mambantu melakukan ekstraksi sample. Setelah itu, diperiksa ke real time PCR-nya,” beber dr Armanto.

“HUMRC merupakan Laboratorium penelitian yang fokus tangani penyakit menular, kanker dan metabolik. yang  berada di Rumah Sakit Pendidikan UNHAS dan ditunjuk membantu RS Wahidin memeriksa Covid-19.

RS Wahidin, salah satu Rumah Sakit (RS) yang ditunjuk pemerintah sebagai RS menangani pasien Covid-19.

Diharapkan, bantuan FK-UMI di Unhas dan beberapa lembaga kesehatan lainnya dapat meringankan beban  petugas kesehatan untuk memutus rantai penyebaran Covid-19.

”Partisipasi aktif FK-UMI ini wujud manifestasi Tridarma Perguruan Tinggi, khususnya pengabdian pada  masyarakat serta realisasi peran UMI sebagai lembaga pendidikan dan dakwah,” tandas Armanto. (rls).

Pos terkait