Diskominfo Kolaka Terapkan Work From Home

  • Whatsapp
Diskominfo Kolaka Terapkan Work From Home
Muh Arnan Amry. (Foto: Pilips/upeks).
Diskominfo Kolaka Terapkan Work From Home
Muh Arnan Amry. (Foto: Pilips/upeks).

KOLAKA,UPEKS.co.id—Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Kolaka Sulawesi Tenggara
(Sultra) menerapkan kebijakan work from home atau bekerja dari rumah.

Hal itu diungkapkan Kepala Dinas  Kominfo Kab Kolaka Muh Arnan Amry melalui WhatsAppnya kepada media ini.

Bacaan Lainnya

Arnan menjelaskan dalam rangka mendukung pelaksanaan administrasi pemerintahan di lingkup Pemda Kolaka,
Dinas Kominfo menerapkan kebijakan sistim work from home melalui perangkat lunak Aplikasi Perkantoran Maya  (SIMaya) juga menjadi bagian dari Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik(SPBE).

Dikatakannya bahwa sistim ini untuk pertama kalinya diterapkan di Sultra, apalagi dengan kondisi sekarang dalam  menghadapi pandemi Corona Virus Disease2019(Covid-19) mengharuskan semua orang bekerja dari rumah, tanpa berinteraksi secara fisik dan tanpa menghadapi kertas yang bisa menjadi media penyebaran virus.

“Perangkat lunak SiMaya ini sangat mendukung tata kelola pemerintahan, karena fleksibel untuk diterapkan pada  kebijakan work from home atau bekerja dari rumah,”kata Arnan mantan Camat Kolaka.

Dikatakannua penerapan aplikasi ini sangat membantu Organisasi Perangkat Daerah(OPD) serta mendukung  kinerja semua Aparatur Sipil Negara (ASN) dalam melaksanakan administrasi pemerintahan.

“Sistim ini sangat praktis, karena bisa dilakukan secara mobile, sehingga pelayanan publik bisa dilaksanakan  secara efektif dan efisien dan tidak terbatas ruang dan waktu,”kata Arnan.

Ia menjelaskan aplikasi SiMaya akan merekam serta menyimpan data/administrasi pemerintahan, dan sewaktu- waktu bila dibutuhkan langsung diakses melalui kolom story.

Selain itu SiMaya ini membantu dalam proses administrasi serta menjamin keakuratan dalam rentang penugasan.

“Artinya tidak ada lagi alasan, tidak disegerakan dalam pelayanan publik karena seketika itu juga perintah yang  biasanya dalam bentuk disposisi sudah langsung ditujukan kepada staf, tanpa takut tercecer,”jelas Arnan.

Selain itu kata mantan Kabag Humas Setda Kolaka bahwa capaian kinerja dapat dipantau apakah tindak lanjut  surat sudah dibaca dan dilaksanakan atau belum.

“Aplikasi SiMaya ini dapat berimplikasi pada upaya mendukung pemberantasan KKN, hingga pengawasan  kedisiplinan semua staf,”ujarnya.(pil)

Pos terkait