AMPD Lutra Nilai KPU Provinsi Lemah, Belum ada PAW-nya Suprianto

  • Whatsapp
AMPD Lutra Nilai KPU Provinsi Lemah, Belum ada PAW-nya Suprianto

AMPD Lutra Nilai KPU Provinsi Lemah, Belum ada PAW-nya Suprianto

LUTRA,UPEKS.co.id–Diduga terjadi cacat administrasi dalam Pergantian Antar Waktu (PAW) anggota Komisi  Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Lutra) Sulsel). Almarhum (Suprianto) belum ada penggantinya sebagai  Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Lutra hingga kini, Rabu (15/4/2020).

Bacaan Lainnya

Demikian Koordinator Aliansi Masyarakat Pemerhati Demokrasi (AMPD) Lutra, Hikmawan Pasalo pada wartawan.

Pihaknya menemukan bukti, calon PAW Anggota KPUD Lutra, peringkat berikutnya atas nama Idcuq Santoso  diduga cacat administrasi atau tidak memenuhi kelayakan sesuai UU Pemilu Nomor 7 Tahun 2017.

Dikatakannya, bagian ke-empat Pasal 21 (1), syarat jadi calob anggota KPU RI, KPU Provinsi, KPU  Kabupaten/Kota, kemudian dijelaskan pada huruf G berbunyi, harus berdomisili di wilayah NKRI) bagi anggota  KPU RI, dan untuk anggota Provinsi yang bersangkutan di wilayah Kabupaten, sedang di wilayah Kabupaten/Kota  yang bersangkutan dibuktikan Kartu Tanda Penduduk Elektronik (e-KTP).

Koordinator AMPD Lutra ini mengungkapkan, pihaknya telah menelusuri di Dinas Kependudukan Catatan Sipil (Dukcapil) dan menemukan bukti, Idcuq Santoso 19 Juli 2018 telah pindah domisili dan ber KTP Elektronik di Kota  Makassar Sulsel. Bukti ini berdasarkan data Dinas Dukcapil Kota Makassar.

Sementara itu, penetapan tahap kedua oleh KPU RI terhadap calon anggota KPUD Lutra untuk periode 2018-2023  dilakukan 12 Oktober 2018.

Sekadar diketahui, melalui Pengumuman KPU RI Nomor 1256/PP.06-Pu/05/X/2018 Tentang Penetapan Calon  Anggota KPU Kabupaten/Kota periode 2018-2023 (ini penambahan pasca putusan Mahkamah Konstitusi) yang  ditetapkan 7(tujuh) Calon Anggota KPU Kabupaten Lutra yakni, 1. Syabil, 2. Rahmat, 3.Idcuq Santoso, 4. Hayu
Vandy, 5. Abdul Azis, 6. Nazaruddin Abadi dan 7. Jusrin.

Selanjutnya dari formasi pengumuman yang terdiri dari 7 (tujuh) orang tersebut, 2 calon anggota akan dilantik,  Syabil dan Rahmat, sedangkan lima lainnya cadangan anggota KPU Lutra. Surat pengumuman KPU RI saat itu ditandatangani Ketua KPU RI, Arief Budiman 12 Oktober 2018. (yustus).

Pos terkait