240 Imam Masjid dan Guru Mengaji Terima Bantuan

  • Whatsapp
240 Imam Masjid dan Guru Mengaji Terima Bantuan

Makassar, Upeks.co.id–Sebanyak 240 muballig, penyuluh (non PNS), imam masjid, dan guru mengaji dari berbagai kelurahan di Kota Makassar mendapat bantuan uang tunai dan sembako dari donasi para dermawan yang berhasil dihimpun Pengurus Wilayah Ittihad Persaudaraan Imam Masjid (IPIM) Sulawesi Selatan melalui pembukaan rekening Peduli Corona selama sekitar sebulan.

Penyerahan dilakukan langsung oleh Ketua IPIM Sulsel H. Masykur Yusuf, S.Sg.,M.Ag. disaksikan Imam besar Masjid Al Markaz Al Islami Dr.K.H. Muammar Bakri Kadir, MA., di Sekretariat IPIM Lantai I Masjid Al Markaz Al Islami, selama dua hari berturu-turut Minggu-Senin (19-20/04/2020).

Menurut Ketua IPIM Sulsel H. Masykur Yusuf, penyerahan bantuan peduli corona tersebut sengaja dilakukan dua hari dalam rangka mengikuti himbauan pemerintah dan Majelis Ulama (MUI) untuk tidak mengumpulkan orang banyak atau menghindari kerumunan massa. Penyerahan bantuan juga diatur secara bertahap dan berkelompok sesuai waktu yang ditentukan pada hari itu.

“Kita sengaja mengatur sedemikian rupa kegiatan tersebut dalam rangka membantu meringankan beban hidup para relawan agama, seperti para muballig dan guru mengaji, pada satu sisi dan pada sisi lain kita juga tetap bertanggung jawab di dalam memutus mata rantai penyebab berkembangngnya wabah Corvid-19,” ungkap H. Masykur Yusuf yang juga menjabat Sekretaris MUI Kota Makassar.

Diakui H. Masykur, pemberian bantuan dari hasil donasi dermawan itu bertujuan untuk meringankan beban bagi para pengemban amanah agama yang selama ini sebahagian besar waktunya diwakafkan kepada pembinaan ummat sebagai muballig, penyuluh agama, guru mengaji, dan imam masjid.

Mereka selama ini hidup semata-mata dari hasil pemberian insentif sebagai juru dakwah dan guru mengaji, sehingga dengan mewabahnya virus corona dan mengharuskan setiap orang menghindari kerumunan atau tinggal di rumah masing-masing,maka sumber pencaharian mereka tentu tidak selancar dengan hari-hari biasanya, bahkan terasa beban hidup itu makin berat karena mereka sudah punya keluarga sementara tidak ada sumber mata pencaharian lain selain yang ditekuni selama ini.

Pemberian bantuan dibagi dalam tiga kategori. Kategori pertama meliputi muballig, imam masjid, dan guru mengaji. Jumlah 101 orang masing-masing mendapatkan uang tunai sebesar Rp 500.000, sedang penyuluh agama (non PNS) dimasukkan sebagai kategori kedua yang jumlahnya 140 orang masing-masing mendapat paket sembako. Sementara kategori ketiga yang kesemuanya adalah petugas kebersihan masjid (marbot) masih tengah dalam pendataan dan menunggu terkumpulnya donasi dari para dermawan.240 Imam Masjid dan Guru Mengaji Terima Bantuan

Dr.K.H. Muammar Bakri Kadir selaku Dewan Penasehat IPIM dalam sambutan singkatnya mengharapkan, bantuan yang diberikan hendaknya diterima secara ikhlas dan mendoakan kepada para donatur peduli corona semoga diberi kesehatan dan rezekinya bertambah sehingga tidak menutup kemungkinan akan meminta pengurus IPIM memanggil kembali saudara-saudara untuk diberi tambahan.

Di akhir sambutannya, Dr. KH. Muammar mengajak para muballig, guru mengaji, dan imam masjid untuk senantiasa berdoa semoga wabah virus corona segera diangkat oleh Allah SWT sehingga kita bisa beraktifitas kembali seperti sedia kala. (*)

Pos terkait