ANEKA

Relawan Desa Sassa’ Siaga Tanggap Covid-19 Terbentuk

LUTRA, UPEKS.co.id – Pencegahan penyebaran Covid-19 di setiap Desa di Lywu Utara(Lutra), Sulawesi-Selatan  (Sulsel) bakal mengandalkan Relawan Desa tanggap Covid-19.

Pjs Kepala Desa(Kades) Sassa’ Muh Asnur menyebut, pembentukan Relawan Desa untuk tugas Covid-19 menjadi  kunci pencegahan penyebaran Covid-19 di Desa.

Hal ini disampaikan Muh Asnur pada wartawan media ini, Kamis(2/4/2020) bahwa pembentukan relawan Desa  dengan di SK Kepala Desa Sassa’ bernomor: 188.4.47/17/DS-KB/IV/2020 Tertanggal Kamis 2 April 2020 Tentang  Pembentukan Relawan Desa Siaga Corona Virus Disease 2019(Covid-19).

Pelaksanaan pencegahan Covid-19 di Desa Sassa’ dilaksanakan oleh relawan Desa Siaga tanggap Covid-19.  Relawan desa siaga tanggap Covid-19 diketuai oleh Pjs Kades Sassa Muhammad Asnur, Wakil Ketua Amuruddin  Syam, Sekretaris Muh Yasril, anggota Sahrul Rifaldi, Adi, Erik, Ahmad, Yuda, Sadda, Rifal, Lianus, Ardin, Aksa S,
Putea Awal dan Muh Rinal.

Dan relawan desa siaga tanggap Covid-19 ini tetap berkordinasi dengan bidan desa serta Bhabinkamtibmas dan  Babinsa.

Asnur menerangkan tugas para relawan diantaranya membuat papan informasi pencegahan dan penanganan kasus serta sosialisasi mengenai Covid-19.

Kemudian melakukan penyemprotan disinfektan. Relawan juga bertugas mendata warga desa yang rentan  terjangkit seperti lansia, balita dan warga yang terkena penyakit menahun.

Dana Desa bisa digunakan untuk pembuatan disinfektan dan hand sanitizer yang menjadi bentuk padat karya non  tunai untuk masyarakat di lokasi tersebut.

Relawan Desa Tanggap Covid-19 juga bertugas mendata lokasi yang akan digunakan sebagai tempat isolasi jika  terdapat warga yang baru datang dari daerah terjangkit. Nantinya rekomendasi lokasi isolasi akan disampaikan ke  Tim Kesehatan Kabupaten.

Selain pendataan pada warga yang rentan terinfeksi, relawan juga wajib melakukan pendataan dan cek kesehatan  kepada warga yang keluar masuk, maupun mereka yang baru pulang dari perantauan. Dan relawan tersebut siap  sedia di pos jaga 24 jam di pintu gerbang Desa batas Kelurahan Salassa’ Kecamatan Baebunta.
(yustus).

Loading...

#TRENDING

To Top