Waspada dan Cegah Covid-19, Ini Tindakan Cahaya Bone Untuk Penumpang

  • Whatsapp
Waspada dan Cegah Covid-19, Ini Tindakan Cahaya Bone Untuk Penumpang

Waspada dan Cegah Covid-19, Ini Tindakan Cahaya Bone Untuk Penumpang

MAKASSAR,UPEKS.co.id– Isu penyebaran corona virus atau Covid-19 di Indonesia semakin meluas. Menyikapi  hal ini Management Cahaya Bone melakukan berbagai hal untuk pencegahan tertularnya virus ini.

Bacaan Lainnya

Sebagai salah satu bisnis transportasi darat di bawah manajemen Kalla Transport yang melayani angkutan bus  dengan rute antar kota dalam dan luar provinsi dan memiliki Standar Operasional Prosedur di mana sebelum  keberangkatan, kondisi Armada sudah dalam keadaan bersih serta telah dicuci luar dan dalam.

Diantaranya, dengan penyemprotan desinfectan di cabin armada dan body bus, khususnya area turun dan naik  penumpang.

SPV Logistic Cahaya Bone, Ismail R mengatakan, hal ini dilakukan untuk tetap menjaga kesehatan dan  kenyamanan penumpang di tengah riuhnya isu penyebaran virus ini.

Menurutnya, sejak rilis pemerintah dipertengahan Februari terkait pasien positif Covid-19 di Indonesia, kondisi  penumpang untuk rute AKAP terkoreksi turun dari normal, sedangkan untuk rute AKDP masih stabil.

Menariknya, setelah keputusan pemerintah untuk meliburkan aktifitas anak sekolah, kondisi penumpang beberapa  hari ini naik dari normal jika dibandingkan dengan pekan sebelumnya.

“Dengan isu ini Cahaya Bone tidak mengubah jadwal keberangkatan, hanya kami akan selalu siaga untuk  menambah waktu keberangkatan apabila dalam pengecekan penumpang sebelum keberangkatan didapati tanda- tanda klinis yang tidak normal. Kami telah menyiapkan tenaga ahli dalam hal ini bantuan medis untuk terus siaga  apabila terjadi hal-hal yang tidak kita inginkan,” ujarnya, Jumat (20/03/2020).

Dia menambahkan, pertama kami akan mengkonfirmasi kondisi kesehatan calon penumpang saat proses  pembayaran tiket serta kami juga menyebar poster terkait pencegahan dan tindakan jika didapati indikasi virus  tersebut pada calon penumpang. Untuk driver serta seluruh man power kami yang bertugas di jalan, telah kami  lengkapi dengan masker.

“Kami pun menyediakan hand sanitizer untuk seluruh penumpang yang diletakkan di dekat pintu masuk armada,  terkhusus asisten driver yang sering berinteraksi langsung dengan penumpang dan bagasi, telah kami bekali  dengan sarung tangan serta pelatihan tindakan untuk menghindari penularan virus tersebut,” jelasnya.

Sementara Chief Operation Officer Kalla Transport and Logistics, Andi Muhammad Gunawan M menambahkan,  sejak dinaikkan status covid-19 menjadi pandemi oleh WHO tentu kita semua harus aware dengan kondisi ini, di  Holding Kalla Group juga sudah ada protocol yang menjadi panduan kami khususnya di area pelayanan kepada  public.

“Di awal perkembangan issue Covid-19, telah diinstruksikan untuk seluruh pimpinan dan management di Kalla  Transport and Logistic untuk lebih concern dalam mendukung kebijakan, penyediaan material dan tools, serta  monitoring langkah-langkah stategis, mengontrol tindakan preventif tanggap Corona di seluruh unit bisnis yang  ada, tetap positive dan jangan panik, ”ujarnya.

Selain itusesering mungkin mencuci tangan serta jaga kebersihan di sekitar kita, dan  semoga kondisi ini bisa membaik setelah masa yang ditetapkan oleh pemerintah,” tutupnya. (mit)

Pos terkait