Rawan Lakalantas, Satlantas Polres Gowa Tertibkan Truk Bermuatan Lebih

  • Whatsapp
Rawan Lakalantas, Satlantas Polres Gowa Tertibkan Truk Bermuatan Lebih

Rawan Lakalantas, Satlantas Polres Gowa Tertibkan Truk Bermuatan Lebih

GOWA, UPEKS.co.id– Dalam rangka mengantisipasi terjadinya kecelakaan lalulintas (Lakalantas) yang  diakibatkan oleh kendaraan angkutan barang yang bermuatan lebih atau Over Dimensi Over Load, Satlantas  Polres Gowa bersama Dinas Perhubungan Gowa melaksanakan penertiban sejumlah Truk.

Bacaan Lainnya

Kegiatan berlangsung di Halaman kantor Dinas Perhubungan Kabupaten Gowa Poros, Kamis (12/03/2020)  dipimpin oleh KBO Satlantas Polres Gowa, IPTU Dayu Ari.

Dayu Ari mengatakan, penertiban Truk yang bermuatan tidak sesuai ini dilakukan untuk mengantisipasi dan  mengurangi angka kecelakaan akibat over dimensi dan over muat atau over dimension over load (ODOL).

Dayu menerangkan, saat melakukan pengukuran di lokasi menggunakan Portable yang telah disiapkan oleh  Dishub Gowa, sehingga kendaraan yang terdeteksi kelebihan muatan tidak dapat melanjutkan perjalanan dan  langsung ditilang.

“Jadi ada alat ukur yang telah disiapkan mendeteksi muatan truk, kalau kedapatan melanggar langsung kita  tilang,”kata Dayu Ari.

Sementara itu, Kasat Lantas Polres Gowa AKP Mustari menambahkan, kelebihan muatan pada kendaraan  menjadi salah satu pemicu terjadinya kecelakaan lalulintas. Sebab muatan berlebih diantaranya dapat  mengakibatkan sopir hilang keseimbangan dan terbatasnya pandangan.

Selain itu, Mustari juga menambahkan kendaraan barang dengan muatan melebihi kapasitas juga dapat  mengganggu dan membahayakan pengendara lain. (Sofyan)

Pos terkait