Nilai 439, Guru Swasta Asal Pinrang Catat Rekor TKD CPNS Kemenag Sulsel

  • Whatsapp
Nilai 439, Guru Swasta Asal Pinrang Catat Rekor TKD CPNS Kemenag Sulsel

MAKASSAR, Upeks.co.id–Proses penjaringan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) dengan menggunakan sistem Computer Assisted Test (CAT) menjadi momok yang sangat menakutkan bagi para pencari kerja dengan tingkat inteligensia pas-pasan.

Namun ini tidak berlaku bagi Nur Amaliah, seorang Guru Swasta asal Kabupaten Pinrang yang mampu mencatatkan namanya sebagai pemilik rekor nilai Tes Kemampuan Dasar (TKD) tertinggi sementara pada hari kelima pelaksanaan ujian CPNS di Aula Mina Asrama Haji Sudiang Makassar. Minggu, 8 Maret 2020.

Alumni Universitas Negeri Makassar Jurusan Matematika ini mendapatkan nilai 439, jauh diatas standar nilai minimal yang ditetapkan yaitu 271.

Anak pertama dari 5 bersaudara ini memilih formasi Guru Matematika pada Lingkup Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Selatan.

Ketika dijumpai Humas Kanwil Kemenag Sulsel untuk menanyakan persiapannya mengahadapi CAT, wanita berusia 26 tahun ini menjawabnya dengan sangat diplomatis.

“Persiapan saya cuma rajin ikut try out secara online, rajin bersedekah dan mohon doa restu dari kedua orang tua,” ucapnya singkat.

Sebagai informasi bahwa seleksi dengan menggunakan sistem CAT ini sengaja diterapkan oleh BKN karena diyakini bebas dari praktek KKN, dan dipandang sebagai metode yang paling tepat untuk mendapatkan standar minimal kompetensi dasar bagi pelamar CPNS.

Tes Kompetensi Dasar (TKD) ini terbagi dalam 3 bagian dengan standar nilai minimal yang telah ditetapkan, yaitu Tes Karakteristik Pribadi (TKP) dengan standar nilai minimal 126, Test Wawasan Kebangsaan (TWK) dengan standar nilai minimal 65 dan Tes Inteligensia Umum (TIU) dengan standar nilai minimal 80.

Adapun jumlah soal yang diujikan sebanyak 100 soal pilihan ganda, dengan rincian TKP sebanyak 35 soal, TWK 30 soal, dan TIU 35 soal dengan waktu mengerjakannya selama 90 menit. (rls)

Pos terkait