Gerakan Nasional “GDL” Tonggak Komitmen Jaga Kelestarian Bawah Laut Nusantara

  • Whatsapp
Gerakan Nasional "GDL" Tonggak Komitmen Jaga Kelestarian Bawah Laut Nusantara

Gerakan Nasional "GDL" Tonggak Komitmen Jaga Kelestarian Bawah Laut Nusantara

MAKASSAR.UPEKS.co.id—Gerakan Nasional “Garuda Di Lautku” (GDL) tonggak komitmen bersama menjaga
kelestarian bawah laut Nusantara.

Bacaan Lainnya

Demikian, Danlantamal VI, Laksamana Pertama TNI Hanarko Djodi Pamungkas di Markas Komando (Mako)
Lantamal VI Makassar, Rabu, (11/3/2020)

Seluruh terumbu karang dari Sabang sampai Merauke, hampir setengahnya telah mengalami kerusakan, baik  akibat ulah manusia maupun rusak secara alamiah, ujar Danlantamal VI.

Danlantamal VI menegaskan, inilah momentum terbaik untuk mencanangkan kepedulian nasional bagi pelestarian  terumbu karang. Tak hanya bagi kehidupan saat ini, terumbu karang juga memiliki kemanfaatan berlimpah bagi  kehidupan bangsa Indonesia, bahkan seluruh umat manusia, di masa yang akan datang.

Untuk itulah, gerakan “GD” jadi tonggak komitmen bersama untuk secara nasional menjaga kelestarian alam  bawah Iaut Nusantara. Gerakan ini tidak terlepas dari fondasi ideologis bangsa dan negara Indonesia yaitu  PancasiLa, Pelestarian terumbu karang menjadi ungkapan rasa syukur kepada Allah SWT. ujar Jenderal Bintang
satu ini.

Ditambahkannya,kemanfaatannya dilandaskan pada kemanusiaan yang adil dan beradaban, disertai pemahaman  Iaut pemersatu Indonesia, sebagai bangsa kepulauan yang terdiri atas kemajemukan suku, bahasa, dan agama.

Pengelolaan terumbu karang harus berlandaskan kerakyatan yang dipimpin hikmat kebijaksanaan dalam  permusyawaratan dan mufakat. Pada akhirnya, kelestarian terumbu karang akan bisa memberikan kesejahteraan,  dan pengelolaannya harus berkeadilan sosial bagi seluruh bangsa Indonesia, tutupnya. (pen lantamal VI).

Pos terkait