ANEKA

Cegah Penyebaran Virus Corona, Ini Cara Kantah ATR/BPN Takalar

TAKALAR, UPEKS– Demi mencegah agar virus Corona atau Covid-19 tidak semakin menyebar, Kantor Pertanahan (Kantah) Kementerian Agraria dan Tata Ruang (ATR)/BPN Kabupaten Takalar melakukan berbagai strategi atau langkah agar terhindar dari wabah yang sudah dinyatakan sebagai pandemi global tersebut.

Sejak awal virus Corona mewabah di Indonesia khususnya di Provinsi Sulsel, Kantah Kementerian ATR/BPN Takalar telah melakukan berbagai upaya untuk mengantisipasi dan mencegah penyebaran virus tersebut.

Kepala Kantah Kementerian ATR/BPN Takalar, Muh. Naim mengatakan, selain sosialisasi tentang bahaya dan pencegahan virus Corona atau Covid-19 kepada para staf, pihaknya juga telah memasang kran air dan wastafel serta sabun cuci tangan. Termasuk juga hand sanitizer disetiap ruangan.

Hosting Unlimited Indonesia

“Pemasangan kran air, westafel, sabun untuk cuci tangan dan hand sanitizer ini dimaksudkan agar setiap pegawai lebih sering membersihkan diri untuk melindungi dari penyebaran virus Corona. Setiap pengunjung juga kita minta untuk mencuci tangan pakai sabun sebelum masuk ke dalam kantor,” katanya.

Selain itu, Naim mengaku, pihaknya telah menerapkan sistem Social Distancing atau jaga jarak kepada masyarakat dengan menyediakan boks untuk menampung berkas yang datang ke kantor pertanahan Takalar.

“Boks ini kita siapkan tidak lain sebagai upaya social distancing seperti yang diimbau Bapak Presiden RI Joko Widodo (Jokowi). Nantinya, berkas yang di dalam boks ini akan diambil oleh staf untuk diproses lebih lanjut,” jelasnya.

Mengenai sistem work from home atau bekerja dari rumah, Naim mengaku, telah dilaksanakan. Namun dengan pola shift (digilir). “Artinya, ada yang masuk dan ada yang kerja dari rumah. Setiap hari kita gilir, karena kita ini sifatnya kantor pelayanan. Jadi, harus ada yang masuk kantor,” ujarnya.

Naim menambahkan, setiap hari kerja, pihaknya selalu melaporkan situasi dan kondisi terkini mengenai pelayanan pertanahan kepada Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian ATR/BPN Provinsi Sulsel.

“Setiap hari kita dipantau oleh kepala Kanwil ATR/BPN Sulsel melalui video conference (Vicon). Beliau tidak henti-hentinya mengingatkan kita mengenai social distancing, cuci tangan pakai sabun, memakai masker dan lainnya. Sekaligus memantau pelayanan disini (Kantah ATR/BPN Takalar),” ungkapnya.(rif)

Loading...

#TRENDING

To Top