Call Center 119 Penanganan dan Pencegahan Covid-19, Ini Komentar Indah

  • Whatsapp
Call Center 119 Penanganan dan Pencegahan Covid-19, Ini Komentar Indah

Call Center 119 Penanganan dan Pencegahan Covid-19, Ini Komentar Indah

LUTRA,UPEKS.co.id—Pemda Lutra terus meningkatkan kesiapsiagaan dan ketanggapan dalam penanganan  dan pencegahan COVID-19. Kemudian, melakukan langkah antisipatif penanganan COVID-19, antara lain melalui  optimalisasi program Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) serta pengawasan orang asing dan pengawasan  warga Lutra yang pulang dari luar negeri.

Bacaan Lainnya

Bupati Lutra mengatakan, Dinas Kesehatan membuka layanan aduan bagi warga Lutra di Call Center Surveilens  di 0813 4264 8399 dan Call Center PSC 119 di 0852 2604 6119.

Diharapkan, semua petugas kesehatan mengetahui dan memahami Standar Operasional dan Prrosedur (SOP)  penanganan COVID-19 sesuai arahan Kementerian Kesehatan. Sedangkan untuk para Camat diarahkan agar  segera melaksanakan sosialisasi penanganan COVID-19 kepada masyarakat.

“Semua tenaga kesehatan siap siaga, terutama di Puskesmas dan RSUD dalam menghadapi berbagai  kemungkinan dan terkait virus covid-19, Indah mengatakan jangan terlalu panik dan jangan kwatir, serta jangan  menyikapi secara berlebihan kasus virus corona tersebut,” pesan Bupati.

Melalui Surat Edaran Bupati Nomor 430/372/DK, masyarakat diminta untuk tidak panik tetap waspada bila muncul  gejala COVID-19, seperti demam, batuk, dan sesak napas, dan riwayat perjalanan ke negara terjangkit COVID-19  diminta segera memeriksakan diri ke Puskesmas, RSUD maupun rumah sakit terdekat.

“Puskesmas maupun rumah sakit yang memeriksa pasien yang memiliki gejala atau riwayat perjalanan ke luar  negeri akan melapor kepada Dinas Kesehatan yang kemudian akan diteruskan kepada Crisis Centre di tingkat  Provinsi,”imbau Bupati penerima Anugerah Kebudayaan PWI Pusat 2020.

Crisis Centre itulah, sambung Indah, yang menentukan apakah pasien masuk kategori pengawasan atau  pemantauan. Agar tindakan yang dilakukan sesuai dengan prosedur. Jika masuk kategori pemantauan, pasien  dibolehkan pulang dan akan mendapatkan pantauan dari Puskesmas maupun Dinas Kesehatan.

Selanjutnya Indah Putri Indriani menegaskan, bahwa Covid-19 bisa dicegah. Karena itu sebagai langkah preventif,  warga masyarakat diminta untuk menjaga imunitas tubuh dengan konsumsi gizi seimbang serta malakukan  Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS).

“Kami imbau juga agar masyarakat menghindari tempat yang ramai atau berdesakan. Jika terpaksa gunakan alat  pelindung diri seperti masker. Perhatikan etika batuk, serta biasakan cuci tangan setelah kontak dengan benda di  lingkungan sekitar dan jangan menyentuh mulut, hidung dan mata sebelum cuci tangan,” pungkas Bupati Lutra.  (yustus)

Pos terkait