Bupati Lutra Harapkan Berita Jurnalis Mengedukasi Warga Terkait Covid-19

  • Whatsapp
Bupati Lutra Harapkan Berita Jurnalis Mengedukasi Warga Terkait Covid-19

Bupati Lutra Harapkan Berita Jurnalis Mengedukasi Warga Terkait Covid-19LUTRA.UPEKS.co.id—Jurnalis di Luwu Utara (Lutra), Sulsel), baik media Cetak Harian dan media online berperan  penting dalam pemberitaan di tengah wabah virus Corona di belahan dunia, termasuk di Lutra ini.

Untuk itu, Bupati Indah Putri Indriani berharap pada Jurnalis, pemberitaan media terkait Corona atau Covid-19 lebih memberikan edukasi dan tidak membuat panik masyarakat.

Bacaan Lainnya

Hal ini disampaikan Bupati Lutra, Indah Putri Indriani pada rapat terbatas bersama Jurnalis media cetak dan online  bersama Sekda Lutra Armiady, Kadis Kominfo Arief R Palallo, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah,  yang juga Ketua Harian Gugus tugas Covid-19 Muslim Muchtar, Direktur RSUD Andi Jemma Masamba dr.  Hariady, Kadis Kesehatan Andi Muh Nasrun, di Aula La Galigo, Jumat(20/3/2020).

Indah menambahkan, pemberitaan media harus lebih humanis dan melakukan sosialisasi pencegahan, terutama  cara hidup sehat dan hal positif lainnya.

“Teman-teman media harus mendukung segala bentuk kebijakan yang dilakukan pemerintah, termasuk untuk  pencegahaan virus Corona di Lutra,” jelasnya.

Lanjut Bupati Lutra, Jurnalis yang bekerja di media cetak dan online dapat memberikan pemahaman kepada  masyarakat, untuk melihat, mendengar dan membaca berita terkait Corona dengan benar dan menghindari hoaks.

“Untuk itu informasi terkait virus Covid-19, Pemda Lutra terapkan informasi satu pintu, berupa penyediaan Media  Centre yang dipusatkan di Dinas Kominfo. Pemda juga telah menunjuk juru bicara terkait Virus Covid-19 , Komang  Krisna dari Dinas Kesehatan Lutra,“ tutur Bupati Indah.

Dikatakannya, Pemda melalui Dinas Kesehatan buka layanan aduan bagi warga di nomor Call Centre untuk  Surveilens 0813 4264 8399 dan di PSC 119 0852 2604 6119.

Bupati mengimbau kepada warga Lutra, jika ada pemberitaan melalui media sosial yang meresahkan, seharusnya ditanyakan langsung ke pihak terkait atau menelaah informasi itu secara baik-baik.

“Teman-teman Jurnalis memiliki Kode Etik Jurnalistik dan dapat berbagi informasi. Pemberitaannya pun harus  mendukung pemerintah dalam mencegah kasus Corona masuk ke Lutra,” tuturnya. (yustus).

Pos terkait