Bupati Lutra Canangkan Bulan Bakti IBI-KB-Kesehatan

  • Whatsapp
Bupati Lutra Canangkan Bulan Bakti IBI-KB-Kesehatan

Bupati Lutra Canangkan Bulan Bakti IBI-KB-Kesehatan

LUTRA.UPEKS.co.id— Salah satu program Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kabupaten  Luwu Utara menyelenggarakan pelayanan Keluarga Berencana dengan menggandeng organisasi profesi  kesehatan Ikatan Bidan Indonesia (IBI) Kabupaten Luwu Utara.

Bacaan Lainnya

Bertempat di Puskesmas Sabbang Selatan, Selasa (10/03/2020, Bupati Luwu Utara, Indah Putri Indriani, S.IP,  M.Si., mencanangkan Bulan Bakti IBI-KB-Kesehatan.

Dalam sambutannya, Indah mengajak penyuluh KB, petugas kesehatan, tokoh agama, tokoh masyarakat dan  pemerintah desa untuk terus mengedukasi masyarakat terkait Program KB.

” Program KB bukan cuma terkait pemasangan alat kontrasepsi, tetapi sesungguhnya mengajak keluarga  memahami dan teredukasi dengan baik tentang Keluarga Berencana sehingga terhindar dari 4 terlalu, yaitu terlalu  muda hamil, terlalu sering hamil, terlalu rapat jarak kehamilan dan terlalu tua hamil.” kata Indah di hadapan peserta pencanangan.

Menurut Bupati perempuan pertama di Sulawesi Selatan ini, laju pertumbuhan penduduk Luwu Utara masih di  bawah laju produktivitas pangan Luwu Utara. Tapi Ia memberi warning, ke depan laju pertumbuhan penduduk bisa menjadi kendala bila tidak dikendalikan.

Bupati yang akan bertarung kembali pada perhelatan Pilkada Luwu Utara mendatang ini, mengajak semua pihak  untuk mensukseskan program KB.

Menurutnya, di Luwu Utara saat ini terdapat kurang lebih 51 ribu Pasangan Usia Subur (PUS), kalau semuanya hamil bersamaan maka akan lahir 51 ribu bayi di Luwu Utara dalam rentang waktu yang hampir bersamaan. Hal ini tentu harus dikendalikan.

“Keluarga Berencana tidak melarang kelahiran, tapi perlu mengatur jarak kelahiran.” kunci Indah.

Pencanangan Bulan Bakti IBI-KB-Kesehatan tingkat Kabupaten Luwu Utara tahun 2020 ini dihadiri oleh Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Luwu Utara, dr. H. A. Muhammad Nasrum, Kepala Dinas P2KB Kabupaten Luwu Utara, drg. Marhani Katma, MARS., perwakilan BKKBN Wilayah Provinsi Sulawesi Selatan, Camat Sabbang, Sabbang Selatan dan Masamba, Para Kepala Puskesmas dan Kepala Desa, serta anggota IBI Kabupaten Luwu Utara.

Dalam kegiatan ini, Bupati Luwu Utara menyempatkan menyaksikan pemasangan alat kontrasepsi terhadap 150 akseptor KB baru yang ditangani oleh bidan terlatih dari beberapa puskesmas di wilayah Kabupaten Luwu Utara. (yustus)

Pos terkait