Bupati Gowa Resmikan Peace Room A’Kio, Pantau Aktivitas Perkotaan

  • Whatsapp
Bupati Gowa Resmikan Peace Room A'Kio, Pantau Aktivitas Perkotaan

Bupati Gowa Resmikan Peace Room A'Kio, Pantau Aktivitas Perkotaan

GOWA, UPEKS.co.id—Sistem pelayanan Online terus saja digalakkan  Pemerintah Kabupaten (Pemkab)
Gowa untuk memenuhi pelayanan terhadap masyarakat. Salah satu terobosannya yakni dengan meresmikan  Peace Room A’Kio menuju Smart City.

Bacaan Lainnya

Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan megatakan diresmikannya Peace Room ini adalah inovasi yang dilakukan  oleh Pemkab Gowa untuk menjawab tantangan dimasa akan datang terkait pelanyanan, bagaimana menjadikan  Gowa sebagai Smart City.

“Salah satu langkah menuju Samrt City, bagaimana mendigitalisasi semua sektor yang ada, melalui Peace  Room inilah kita mampu menjangkau pelayanan secara digital,”Ungkap, Adnan saat meresmikan Peace Room, di  Kantor Bupati Gowa, Senin (9/3/2020).

Karena menurutnya dunia sekarang tidak lengkap tanpa teknologi dan telekomunikasi serta digitalisasi, semuanya  berdasarkan digital. Bahkan sekarang ruang-ruang pekerjaan yang selama ini menjadi ruang untuk  mempekerjakan orang hilang karena digitalisasi.

Keberadaan peace room ini kata Adnan juga untuk mewujudkan Smart City yang akan memberikan manfaat yang  sangat besar bagi pemerintah dan masyarakat Kabupaten Gowa.

Hal tersebut dikarenakan segala informasi  mengenai Kabupaten Gowa bisa diketahui dengan layanan dan fasilitas yang disediakan.

“Peace Room merupakan pusat pengendali yang menggunakan sistem Organize Data with Smart Knowledge  (ODSK) yang mengatur data dengan pengetahuan yang cerdas. ODSK merupakan sistem yang mengintegrasikan  seluruh data di Kabupaten Gowa. Termasuk semua perangkat daerah dengan teknologi informasi komunikasi dan merupakan sistem yang memberikan informasi cerdas, terukur, nyata serta berbasis waktu kepada masyarakat
dan mendukung program e-government,” jelasnya.

Adnan menjelaskan saat ini sudah ada 27 titik CCtv yang terpasang yang akan memantau segala aktivitas warga  di wilayah Kabupaten Gowa.

“Untuk sementara ada 27 CCtv yang terkoneksi memantau aktifitas warga. Jadi melalui Peace Room ini kita dapat  memantaunya. Kita juga telah bekerjasama dengan pihak Polres Gowa, terkait adanya aktifitas yang berhubungan dengan kriminalitas,”ungkapanya pula.

Namun menurut Adnan, untuk lebih memaksimalkan pelayanan tahun ini juga pihaknya akan menambahkan CCTV  menjadi 60 Unit yang akan dikoneksikan pada 18 Kecamatan di Kabupaten Gowa.

“Insya Allah tahun ini akan kita tambah menjadi 60 CCtv, jadi aktivitas yang ada di Kecamatan dapat juga kita  pantau termasuk aktivitas para Camat terkait pelayanannya,”tambahnya.

Di tempat yang sama Kadis Komunitas Informatika, Stastik dan Persandian Kabupaten Gowa, Arifuddin Saini  menambahkan dari 27 CCtv yang telah terkoneksi, 10 CCtv diantarannya terpasang di Ruang Terbuka Hijau (RTH) Lapangan Syekh Yusuf Descovery Sungguminasa.

Arifuddin juga menjelaskan fungsi peace room tak hanya sebagai monitoring room lewat CCTV, mengawasi aktivitas perkotaan, utamanya di jalan-jalan utama dan area publik yang ada dalam Kota Sunggiminasa.

“Peace room juga dapat menerima keluhan masyarakat dengan akses telepon tertentu, seperti 112 atau 119.  Warga bisa menghubungi nomor layanan pengaduan untuk menyampaikan keluhannya sehingga bisa ditanggapi  langsung oleh dinas terkait,” kata Arifuddin. (Sofyan).

Pos terkait