Bidan Pustu Gelar Posbindu PTM di Dusun Pangalli

  • Whatsapp
Bidan Pustu Gelar Posbindu PTM di Dusun Pangalli

Lutra, Upeks.co.id – Guna meningkatkan kesadaran masyarakat dalam hal kesehatan, Puskesmas Sabbang Selatan melalui Bidan Pustu Desa Dandang menggelar kegiatan Pos Pembinaan Terpadu Penyakit Tidak Menular (Posbindu PTM) di Posyandu Merpati Putih Dusun Pangalli Desa Dandang Kecamatan Sabbang Selatan, Kamis(12/3/2020).

Kegiatan Posbindu PTM ini menyasar seluruh elemen masyarakat, baik itu Laki-Laki dan Perempysn mulai umur 15 sampai 59 tahun.

Bacaan Lainnya

“Tujuannya, kata Bidan Pustu Dandang, Jumrana pada wartawan media ini, Kamis(12/3) bahwa untuk mengantisipasi adanya penyakit tidak menular yang tidak terkontrol akibat beban pekerjaan. Penyakit tidak menular itu seperti, darah tinggi, kolesterol, encing manis dan lainnya,”tuturnya.

“Posbindu PTM ini digelar guna meningkatkan kesadaran masyarakat/warga dalam menjaga kesehatannya,” kata Jumrana.

Ia menjelaskan, Posbindu PTM merupakan program Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi-Selatan(Sulsel) untuk meningkatkan kesehatan masyarakat. Posbindu adalah program rutin yang dilaksanakan setiap Posyandu yang ada di setiap Desa.

“Posbindu PTM ini merupakan program percobaan yang direncanakan berlangsung selama enam bulan. Pelaksanaanya akan digelar di setiap Desa wilayah Puskesmas Sabbang Selatan,” jelas Jumrana.

Sementara itu, Ketua Posyandu Merpati Putih, Kory menyambut baik Posbindu PTM yang digelar oleh Pustu Dandang. Menurutnya, peranan Posbindu PTM sangat penting bagi masyarakat. Karena itu, kata dia banyak masyarakat/warga yang tidak sadar dengan kebiasaannya sendiri. Bahwa apa yang mereka lalukan bisa menimbukan penyakit tidak menular, seperti darah tinggi, kolesterol, kencing manis dan lainnya.

Dan dengan hadirnya Posbindu PTM di wilayah Dusun Pangalli (Posyandu Merpati Putih), kata dia, sangat penting bagi warga sehingga bisa memberi kepemahaman agar menjaga kesehatannya dengan baik. Salah satunya kata Kory, dengan cara melakukan pengecekan kesehatan secara rutin di Posyandu.

“Kami berharap Posbindu PTM ini bisa digelar rutin di Posyandu. Karena keberadaan Posbindu PTM tersebut memang sangat dibutuhkan oleh masyarakat Pangalli,”pungkasnya.(yustus)

Pos terkait