ANEKA

Cegah Covid 19, Disdukcapil Alihkan Pelayanan KTP Via WA

SINJAI, UPEKS.co.id—Guna memaksimalkan pelayanan masyarakat, di tengah upaya pencegahan merebaknya  virus corona (Covid 19) di berbagai daerah.

Dinas kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten  Sinjai mengalihkan pelayanan melalui apilkasi WhatsApp (WA).

Hal ini berdasarkan surat edaran Bupati Sinjai tentang pencegahan dan antisipasi penyebaran virus corona agar  menunda segala bentuk kegiatan dan pertemuan atau rapat yang melibatkan banyak orang.

Kepala Disdukcapil Sinjai, Drs. Akmal ketika dikonfirmasi beberapa waktu lalu mengatakan bahwa keputusan tersebut diambil untuk mengurangi kerumunan orang yang kerap terjadi saat pelayanan di Kantor Disdukcapil.

“Kebijakan untuk tidak melakukan layanan tatap muka langsung dengan masyarakat untuk meminimalkan interaksi dengan warga sebagai langkah memutus potensi penyebaran covid-19. Sebagai gantinya kami membuka layanan  via online, termasuk layanan konsultasi dan penerbitan dokumen, tidak perlu datang ke kantor cukup menghubungi  kami di layanan WA yang sudah kami siapkan,” ungkapnya.

Loading...

Akmal menjelaskan bahwa segala doukmen yang menjadi syarat dalam pengurusan berbagai dokumen yang  disiapkan oldh Disdukcapil Sinjai cukup hanya dikirim melalui pesan WA.

“Jadi apa yang menjadi syarat dalam pengurusan dokumen, tinggal foto saja lalu kirim melalui WA, ” ujarnya.

Lanjut Akmal meski demikian pelayanan di Kantor Disdukcapil Sinjai tetap buka namun pihaknya membatasi dan  menerapkan social distancing guna meminimalisir penularan virus corona.

“Meski kita sudah bila pelayanan melalui WA, namun ada juga masyarakat kita yang datang langsung ke Kantor  dan tentunya kita tidak bisa menolaknya. Akan tetapi kita atur tempat duduk mereka agar tidak berdekatan dan  wajib cuci tangan sebelum masuk ke ruang pelayanan, ” tambahnya.

Sementara, salah seorang warga Desa Kalobba Kecamatan Tellulimpoe, Munawwir Al’Marif  apresiasi langkah yang diterapkan oleh Disdukcapil Sinjai.

“Bagus sekali ini Pak, dengan pengaturan tempat duduk diberi jarak, itu berarti Pemkab Sinjai serius  dalam mencegah masuknya virus corona di Sinjai, apalagi di Sinjai ini juga melakukan pemeriksaan pada setiap  warga di setiap area perbatasan, ” ujarnya. (egy)

Loading...

#TRENDING

To Top