SULAWESI SELATAN

Wakapolres Hadiri Pengambilan Sumpah PPK, Harapkan Netral 

Lutra, Upeks.co.id — Anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK)se Kabupaten Luwu Utara(Lutra) dari 15 Kecamatan yang ada, pada Pilkada serentak 23 September 2020 resmi dilantik dan diambil sumpahnya.

Pelantikan yang digelar di Aula Demokrasi KPU Lutra, Jalan Simpurusiang Masamba, dilakukan oleh Ketua KPU Lutra H.Drs Syamsul Bachri M.Si, Sabtu(29/2/2020).

Hadir dalam kesempatan tersebut Bupati Luwu Utara Hj.Indah Putri Indriani, Wakapolres Lutra Kompol H.Amir Majid, Perwira Penghubung(Pabung) Mayor Arm Syafaruddin, Wadangki Brimob Baebunta Ipda Sapri, Kepala Rutan kelas IIB Mappedeceng, Kesbangpol, Kemenag, Anggota Bawaslu Lutra Ibrahim Umar, dan anggota KPU serta 75 anggota PPK yang dilantik.

Dalam acara tersebut, Wakapolres Luwu Utara menyampaikan beberapa poin penting diantaranya, tentang netralitas dan profesionalisme anggota PPK sebagai bagian dari lembaga penyelenggara Pemilu.

“Menurutnya, keberhasilan Pilkada merupakan tanggung jawab bersama, baik dari penyelenggara maupun perangkat pendukung lainnya sesuai dengan tupoksi masing-masing,”ucap Wakapolres Kompol H. Amir Majid.

Untuk aspek keamanan, pihak Kepolisian bersama dengan TNI dan instansi lainnya akan bekerjasama mengantisipasi berbagai kerawanan yang telah dipetakan sebelumnya. Patroli akan lebih diintensifkan pada kantor KPU maupun Bawaslu disamping objek-objek vital lainnya.

“Kita tetap Solid dan Profesional, menjaga Kamtibmas kondusif di Bumi Lamaranginang julukan Kabupaten Luwu Utara. Sebelum, pada saat, hingga pasca Pilkada serentak 23 September 2029 nanti,” tutur Kompol Amir Majid.

Terkait dengan Pidana Pilkada(Pemilu), Polres Lutra bersama Kejaksaan dan Bawaslu menandatangani MoU tentang penanganan dan penyelesaiannya.

“Setiap permasalahan yang muncul akan dikaji terlebih dahulu oleh Tim Gakkumdu. Jika pelanggaran, maka hal tersebut adalah ranah dari Bawaslu. Namun jika merupakan tindak pidana ada mekanisme dan proses yang harus dilalui,”ungkap Wakapokres.

Lebih lanjut Kompol Amir Majid menuturkan, pihaknya yakin dan percaya bahwa masyarakat Lutra merupakan masyarakat yang cerdas. Tidak akan mudah terprovokasi apalagi diadu domba. Orang nomor dua di jajaran Polres Luwu Utara ini berharap, sepanjang digelarnya Pilkada serentak, Kamtibmas di Bumi Lamaranginang tetap kondusif dan terhindar dari perpecahan.

“Pilihan boleh beda tapi silaturahmi dan kerukunan, kedamaian harus tetap dijaga,” pungkasnya.(yustus)

Loading...

#TRENDING

To Top