MAKASSAR CITY

Pengamat: Rekomendasi PKB Bukti Deng Ical Dapat Mengakses Parpol

MAKASSAR, UPEKS.co.id– PKB akhirnya memberi rekomendasi untuk Syamsu Rizal (Deng Ical) di Pilwali Makassar 2020.

Hanya saja berdasarkan perintah dari rekomendasi tersebut, PKB memberi batas waktu buat Deng Ical.

Sampai dengan tanggal 26 maret 2020, calon sebagaimana dimaksud di atas tidak dapat memenuhi ketentuan syarat pendaftaran KPU, maka rekomendasi tersebut dinyatakan tidak berlaku.

Menanggapi hal tersebut, Pengamat Politik dari Unismuh Makassar, Andi Luhur Prianto menilai, dukungan PKB buat Deng Ical nilainya sangat berharga.

Karena rekomendasi PKB akan membantu Deng Ical membuka pintu negosiasi yang lebih luas dengan partai-partai lain. “Deng Ical punya modal dasar dukungan partai,” ujarnya, Kamis (27/2/20).

Lanjut Luhur, 1 kursi dukungan PKB punya manfaat buat Deng Ical. Dukungan satu kursi itu menjawab keraguan sebagian orang tentang kemampuan Deng Ical mengakses dukungan elit DPP partai politik.

“Terlebih di tengah ketidakjelasan arah dukungan Golkar. Deng Ical menujukkan kemampuan bisa merebut dukungan di luar Golkar,” ujarnya.

Di samping itu, kata Luhur, perolehan dukungan PKB juga menjadi bargaining untuk mencari pasangan wakil. Dukungan PKB membuat Deng Ical bisa semakin memperluas basis dukungan kulturalnya. Terlebih karena PKB punya afiliasi politik dengan Ormas NU.

“Meskipun demikian, tetap ada ancaman. Surat Tugas/ST itu bisa tidak berarti karena 2 hal. Satu, syaratnya tidak bisa penuhi dalam kurun waktu tertentu, kedua, ada kekuatan yang lebih besar yg membegal dukungan itu di level DPP,” sambung Luhur. (jir)

Loading...

#TRENDING

To Top