ANEKA

Pemda Kolaka Raih Predikat B SAKIP dari Kemenpan dan RB

H Poitu Murtopo. (Foto: Pilips/Upeks.)

KOLAKA,UPEKS.co.id—Pemda Kolaka meraih penghargaan predikat B dari Kementerian Pendayagunaan
Aparatur Sipil Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan dan RB) dalam hal Sistim Akuntabilitas Kinerja Instansi  Pemerintah (SAKIP).

Penghargaan diterima Sekda Kolaka, H Poitu Murtopo di Jakarta kemarin. Poitu ditemui media ini di aula Sangia
Nibandera DPRD Kolaka usai mengikuti sidang Paripurna Istimewah dalam rangka memperingati Hari Ulang  Tahun(Hut) Kabupaten Kolaka ke-60.

Ditanya parameter Pemda Kolaka sehingga bisa meraih penghargaan predikat B dari Kemenpan RB dalam hal  pengelolaan SAKIP, dia menjelaskan penilaian SAKIP parameternya sangat ketat.

Diantaranya, bagaimana perencanaan dan penerapan itu harus sesuai. Anggaran harus tepat sasaran, hemat  anggaran dan tentunya kebersamaan dan dukungan dari semua Oraganisasi Perangkat Daerah(OPD).

Dalam  penilaian SAKIP ini, kita hanya naik dua digit dari 58 menjadi 60, ungkap Poitu.

Terkait masalah metode penilaian yang dilakukan dalam penilaian SAKIP ini, Kepada Bappeda Kolaka H Sjamsul  Kadar Hanise menjelaskan bahwa teknis penilaian secara khusus dibuat oleh Kemenpan RB tanpa bida diketahui oleh publik.

Standar penilaian Sakip yang dibuat oleh Kemenpan RB ada beberapa poin yang harus dipenuhi, mulai dari  perencanaan, penganggaran, kesesuaian perencanaan dan penganggaran, kemudian pelaksanaannya, efisiensi anggaran dan birokrasi yang efisien.

“Jadi inilah standar khusus yang menjadi acuan Kemenpan RB dalam melakukan penilaian SAKIP Pemerintah Daerah,”jelas Kadar.(pil)

Loading...

#TRENDING

To Top