MAKASSAR CITY

KNPI Sulsel Siap Berikan Bantuan Hukum Gratis

MAKASSAR, UPEKS.co.id — Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Sulsel, siap memberikan pelayanan bantuan hukum gratis bagi masyarakat yang kurang mampu sesuai dengan amanat Undang – undang No.16 tahun 2011.

“Hal itu tentang bantuan hukum bagi masyarakat kurang mampu untuk menjamin hak konstitusi warga negara bagi keadilan dan kesetaraan dimuka hukum, ” ujar Ketua KNPI Sulsel, Nurkanita Marumdani, Jumat (28/2/20).

Program bantuan hukum gratis ini akan dilaksanakan oleh Bidang Hukum dan Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Pemuda KNPI Sulsel yang akan menjadi ujung tombak KNPI Sulsel dalam persoalan hukum.

Direktur LBH Pemuda KNPI Sulsel, Muh Habibi Masdin menambahkan, akan selalu siap memberikan bantuan hukum bagi masyarakat yang tidak mampu. Karena bantuan hukum merupakan instrumen penting dalam Sistem Peradilan Pidana.

“Itu juga karena merupakan bagian dari perlindungan Hak Asasi Manusia (HAM) bagi setiap individu, termasuk hak atas bantuan hukum. Hak atas bantuan hukum merupakan salah satu hak yang terpenting yang dimiliki oleh setiap warga negara, ” terangnya.

Karena dalam setiap proses hukum lanjut Habibi, khususnya hukum pidana, pada umumnya setiap orang yang di tetapkan sebagai tersangka dalam suatu perkara pidana, tidaklah mungkin dapat melakukan pembelaan sendiri dalam suatu proses hukum.

“Apalagi mereka yang hurang paham terhadap proses hukum. Tentu butuh bantuan hukum. KNPI pun siap melakukan pendampingan, ” tutupnya.(Jay)

Loading...

#TRENDING

To Top