NASIONAL

Hadirkan Menag, Silatnas MATAN di Makassar Libatkan Ribuan Peserta

Menteri Agama RI Fachrul Razi ( tengah ) didampingi Plt Ketua Umum MATAN Gus Hasan Habibi dan Korwil MATAN Sulsel H Anwar Abubakar. Menag menyatakan kesiapannya hadir di Silatnas MATAN di Makassar.

MAKASSAR, Upeks.co.id —Menteri Agama Jenderal Purnawirwan Fachrul Razi bakal menghadiri perhelatan Silaturahim Nasional Mahasiswa Ahlut Thariqah Al-Muktabarah Al Nahdliyah (Silatnas MATAN) di Asrama Haji Sudiang Makassar, selama tiga hari, 2-4 Maret 2020 mendatang.

Kepastian Menag Fachrul Razi hadir disampaikan Plt Ketua Umum MATAN Gus Hasan Habibi usai bertemu menteri, Rabu (19/2/2020). “Pak Menteri Insya Allah ke Makassar membuka acara Silatnas MATAN yang dihadiri ribuan aktivis Thareqah dari berbagai wilayah,” katanya.

Saat menghadap dengan menteri pengamal Thareqah Tijaniah Gus Hasan didampingi
Korwil MATAN Sulselbar H Anwar Abubakar. “Pak Menteri ke Makassar Insya Allah Senin sore, (2/3/2020) dan membuka acara Silatnas pukul 20.00 Wita di Asrama Haji Sudiang,” jelas Kakanwil Kemenag Sulsel ini.

Ketua Panitia Silatnas yang juga ketua PW MATAN Sulsel Kiai Mahmud Suyuti, Jumat (21/2/2020)  menjelaskan, bahwa selain Menteri Agama, dijadwalkan hadir pula Rais ‘Am Jam’iyah Ahlit Thariqah al-Muktabarah al-Nahdliyah (JATMAN), Maulana Habib Luthfi bin Yahya membawakan Tausiah.

Loading...

Mahmud Suyuti

Disebut Mahmud, Habib Luthfi yang juga Presiden Sufi sedunia sekaligus sosok ulama kharismatik Mursyid Multi Thareqah adalah muassis, pendiri MATAN, tokoh kunci peletak dasar berdirinya perkumpulan komunitas murid-murid thareqah yang di sebut Mahasiswa Ahlit Thareqah al-Muktabarah al-Nahdliyah.

“Memang senantiasa menjadi motivator penggerak bagi kader kader MATAN sehingga tausiah, fatwa, wejangan beliau sangat dinantikan oleh murid-muridnya yang akan tumpah arena di Silatnas,” bebernya.

Silatnas MATAN di Makassar adalah agenda besar hajatan tahunan murid-murid thareqah yang pertamakali dilaksanakan di luar Jawa.

” Saat ini semuanya sudah siap, kami akan jemput peserta di bandara dan pelabuhan. Ada LO yang sudah disapkan. Akomodasi di asrama haji wisma Zamzam untuk masyayikh dan pimp pusat. Untuk peserta wisma 1-13 dan untuk Srikandi Matan Wisma Uhud,” jelasnya.

Jumlah peserta penuh 650 tamba peninjau bisa mencapai ribuan dari berbagai wilayah, setiap cabang/daerah Matan kab/kota mengutus empat peserta. “Selain Habib Luthfi, hadir Menteri Agama. Hadir juga anggota KPK Gus Gufran yang juga sebagai Ketua PC Matan Jember, jadir juga Gus Syauqi Ma’ruf Amin,” urainya.

Di Silatnas dibicarakan renstra mata dibagi atas 4 sidang komisi. Komisi penkaderan, komisi spiritual, komisi pemberdayaan, komisi srikandi kemudian diplenokan. (rls)

Loading...

#TRENDING

To Top