ANEKA

Maksimalkan Peluang Kerja, Pemda Gelar “Sinjai Job Fair 2020”

SINJAI, UPEKS.co.id—Pasangan Bupati dan Wakil Bupati Sinjai, Andi Seto Asapa dan Andi Kartini Ottong, terus  berupaya merealisasikan visi misi Pemkab Sinjai.

Dalam hal penciptaan lapangan kerja, Pemkab Sinjai melalui Dinas Koperasi UKM dan Tenaga Kerja  (Diskopnaker) Kabupaten Sinjai menggelar Pameran Kesempatan Kerja atau yang dikenal dengan ‘Sinjai Job Fair  2020’ di Tribun Lapangan Sinjai Bersatu, Kamis (20/2)

Bupati Sinjai, Andi Seto Gadhista Asapa menyampaikan, jumlah masyarakat yang berusia kerja dari 15-60 tahun  yang mencapai 72 persen di Kabupaten Sinjai.

Dengan jumlah itu, peran Pemkab sangat dibutuhkan dalam
membantu masyarakat mendapatkan pekerjaan sehingga di usia produktif ini bisa menghasilkan, baik untuk diri  sendiri maupun keluarga.

“Selain melakukan pembinaan dan pemberian bantuan kepada wirausaha, kita juga melibatkan pelaku usaha yang  sudah matang untuk menyerap tenaga kerja di Kabupaten Sinjai, contohnya melalui Job Fair ini,” ujarnya.

Loading...

Job Fair yang kali kedua dilaksanakan sejak kepemimpinannya akhir 2018 lalu, Andi Seto menginginkan kegiatan  ini memberikan kemudahan bagi para pencari kerja untuk mendapatkan pekerjaan. Sekaligus menjadi pemacu  atau stimulus bahwa para pencari kerja tidak sendirian, ada pemerintah yang selalu membantu sesuai bakat, minat dan kemampuan para pencari kerja.

“Kita semua berharap dengan Job Fair ini, para pencari kerja ini tidak perlu jauh-jauh keluar kota untuk melamar  pekerjaan. Apalagi membutuhkan biaya dan belum mendapat jaminan diterima di perusahaan tersebut”, jelasnya.

Andi Seto, berharap kegiatan ini terus berkesinambungan dan menjadi mediator bagi pengusaha dan para pencari  kerja di Bumi Panrita Kitta, sehingga serapan 10 ribu tenaga kerja dapat tercapai dalam satu periode  kepemimpinannya.

Sementara, Kadis Koperasi UKM dan Tenaga Kerja Kabupaten, H Firdaus, mengatakan, Job Fair yang digelar ini  untuk memfasilitasi pencari kerja yang sesuai dengan bakat, minat dan kemampuannya.

“Jadi Job Fair ini membantu mengurangi angka pengangguran melalui peningkatan penempatan tenaga kerja.  Adapun sebanyak 20 perusahaan yang berpartisipasi dalam kegiatan ini, baik perusahaan lokal maupun  perusahaan luar daerah seperti Makassar,” terangnya

Sekadar diketahui dari data Diskopnaker Sinjai, jumlah tenaga kerja yang saat ini sudah terserap di Kabupaten  Sinjai sebanyak 30.451 orang, dengan rincian 18.433 di usaha Mikro, 10.034 usaha kecil dan 1.984 untuk usaha  menengah. (egy)

Loading...

#TRENDING

To Top