SULAWESI SELATAN

Bupati Husler Buka MTQ Luwu Timur

Makassar, Upeks.co.id–Bupati Luwu Timur, H. Muhammad Thoriq Husler membuka secara resmi Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) Tingkat Kabupaten Luwu Timur ke VIII Tahun 2020 di Lapangan Siriorio, Desa Langkea Raya, Kecamatan Towuti, Rabu malam (19/02/2020).

 

Peresmian ditandai dengan penekanan tombol sirine oleh Bupati Luwu Timur didampangi Wakil Bupati Lutim, Irwan Bachry Syam, Ketua LPTQ Lutim, H. Amran Syam, Sekda, H. Bahri Suli, Perwakilan Forkopimda, dan Ketua Panitia MTQ ke VIII Lutim, Dohri As’ari.

 

Kegiatan yang mengusung tema “MTQ Membentuk Karakter Generasi Muda yang Beragama Menuju Luwu Timur Maju yang Berperadaban dan Terkemuka” ini dipusatkan di Kecamatan Towuti akan berlangsung dari tanggal 18-24 Februari 2020 dan akan memperlombakan sebanyak 8 cabang yang terdiri dari 23 golongan yang masing-masing terbagi Putra-Putri dengan jumlah peserta sebanyak 456 orang.

 

Pembukaan diawali dengan Parade Deville Kafilah peserta MTQ se-Kabupaten Luwu Timur dan dilanjutkan dengan drama kolosal dari GP Pala Sendaya yang menceritakan tentang Sejarah Islam Di Tanah Luwu.

 

Bupati Luwu Timur, H. Muhammad Thoriq Husler dalam sambutannya mengatakan, Musabaqah Tilawati Quran merupakan salah satu wadah bagi Pemerintah untuk menumbuhkan sejak dini pembangunan berwawasan moral spiritual yang pada gilirannya diharapkan dapat melahirkan generasi qurani atau generasi yang dapat menjadi suri teladan bagi seluruh umat manusia, yang berlandaskan nilai-nilai kemuliaan yang terkandung di dalam Al-Quran dan Sunnah.

 

Pelaksanaan MTQ, sambung Husler, sejatinya dapat meningkatkan jejak-jejak peradaban yang ditandai dengan berubahnya pola pikir, kebiasaan dan karakter yakni dari pemikiran yang sempit kepada pemikiran yang terbuka dan maju.

Loading...

 

“Oleh karena itu, saya mengimbau melalui momentum MTQ VIII Tingkat Kabupaten Luwu Timur ini, saya mengajak semua elemen masyarakat untuk memanfaatkan media sosial dengan bijak. Mari kita menjaga silaturahmi, saling mengingatkan dengan cara yang santun, jangan menebar fitnah dan ujaran kebencian,” imbau Husler.

 

“Pelaksanaan MTQ ini, hendaknya tidak hanya menjadi ajang untuk berlomba membaca Al-Qur’an saja, tetapi harus dimaknai dan dipahami substansi ayat-ayat suci Al-Qur’an dengan benar dan tepat,” tutup Husler.

 

Sementara Ketua LPTQ Kabupaten Luwu Timur, H. Amran Syam dalam sambutannya mengatakan, penyelenggaraan MTQ tahun ini mempunyai arti yang sangat penting dalam kehidupan keagamaan dan sudah mendapat tempat yang menggembirakan dihati masyarakat Kabupaten Luwu Timur dan telah membudaya sebagai salah satu syiar keagamaan kaum muslimin.

 

“Kita dapat memupuk rasa kecintaan kepada Al-Qur’an, karena dengan membaca Al-Qur’an, tidak saja merupakan ibadah, tetapi dengan alunan suara yang indah dapat menggetarkan dan menentramkan jiwa pendengarnya. Dan Insya Allah, Allah SWT menurunkan berkah-Nya kepada daerah kita,” kata Amran.

 

“Semoga dengan pelaksanaan MTQ ini, akan melahirkan generasi muda Qur’ani yang mampu mengharumkan nama Kabupaten Luwu Timur diajang MTQ tingkat Provinsi dan Nasional. Selamat berlomba, semoga Allah SWT meridhoi kita semua,” kunci Amran Syam yang juga selaku Ketua DPRD Kabupaten Luwu Timur.

 

Diakhir acara, Bupati Luwu Timur, H. Muhammad Thoriq Husler menyerahkan Piala kepada Ketua LPTQ Lutim, H. Amran Syam, yang kemudian menyerahkannya ke Ketua Panitia MTQ ke VIII Lutim, Dohri As’ari.

 

Turut hadir pada pembukaan MTQ ini, unsur Forkopimda, Anggota DPRD, Wakil Ketua TP-PKK Lutim, Staf Ahli, Asisten, OPD, Manajeman PT. Vale Indonesia, ketua FKUB, Camat, Lurah, Kades, Tokoh masyarakat, Tokoh Agama, Kepala Kemenag Lutim, KUA se Lutim dan Lutra, Ketua MUI Lutim dan para Dewan Hakim MTQ ke VIII. (citizen reporter: Ryan-Diskominfo)

Loading...

#TRENDING

To Top