INFO HAJI

Dirjen PHU Resmikan Pusat Layanan Haji dan Umrah di Wajo

SENGKANG, Upeks.co.id–Direktur Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kementerian Agama RI Nizar Ali meresmikan Gedung Pusat Layanan Haji dan Umrah Terpadu (PLHUT) di Jalan Seroja Sengkang, Wajo, Selasa (18/02/2020).

“PLHUT ini one stop service, jadi CJH bisa sehari sudah bisa dapat memiliki nomor porsi haji,” ujarnya.

Gedung PLHUT ini dibangun dengan skema pembiayaan Surat Berharga Syariah Negara (SBSN). Dari 16 daerah yang mendapat alokasi pembangunan gedung Pusat Layanan Haji dan Umrah Terpadu, Kabupaten Wajo merupakan satu-satunya daerah di Sulawesi Selatan.

“Adanya gagasan PLHUT ini diawali dari keprihatinan melihat sarana pelayanan haji dan umrah yang menyedihkan khususnya di kabupaten kota, termasuk layanan pembatalan haji, biometrik, BPS, dan lain-lain terkait haji,” ungkapnya.

Sementara Kakanwi Kemenag Sulsel H Anwar Abubakar mengucapkan selamat kepada Dirjen PHU atas penetapan Wajo sebagai lokasi pertama di luar Jawa. ” Karena bangunan ini menjadi monumen abadi masyarakat Kabupaten Wajo,” kata kakanwil termuda ini.

Loading...

Bupati Wajo Amran Mahmud yang hadir mengatakan, kehadiran PLHUT merupakan upaya pemerintah memberikan pelayanan haji dan umrah secara terpadu, serta memangkas aturan birokrasi menjadi lebih cepat dan efisien. “Saya berharap Kantor Kementerian Agama Kabupaten Wajo selaku stake holders pelaksanaan pelayanan bisa lebih koordinatif dan sinergis, sehingga ke depan masyarakat Kabupaten Wajo akan terlayani lebih baik lagi,” katanya.

Kepala Bidang Penyelenggara Haji dan Umrah (PHU) Kemenag Sulsel membeberkan bahwa Gedung PLHUT ini menyediakan fasilitas berupa ruang layanan Haji dan Umrah, seperti ruang tunggu yang nyaman, aula pertemuan yang bisa dimanaatkan untuk manasik haji, studio foto bagi calon jemaah, counter untuk bank syariah penerima setoran haji, dan lainnya.

Turut hadir, Sekda Kab. Wajo, Forkopimda, Kepala UPT Asrama Haji Sudiang Makassar dan Kakan Kemenag Kabupaten/Kota se Sulsel. (rls)

Loading...

#TRENDING

To Top