MAKASSAR CITY

Sensus Penduduk Sistem Online Dimulai Februari Hingga Maret

MAKASSAR, UPEKS.co.id– Badan Pusat Statistik (BPS) Sulawesi Selatan tahun ini akan melakukan sensus penduduk. Agenda akbar yang mengusung tema ‘Sukseskan Sensus Penduduk Menuju Satu Data Kependudukan’ ini dilakukan dengan dua metode, yakni online dan wawancara.

Berbeda dengan metode wawancara yang baru digelar pada Juli 2020 mendatang, metode online dimulai sejak 15 Februari hingga 31 Maret 2020 nanti.

“Sensus online ini sudah mendapat sambutan dari masyarakat, sekarang sudah ada sekitar 9.000 KK yang sudah terdata. Bagi warga yang belum, bisa mengakses lewat situs sensus.bps.go.id,” kata Yos Rusdiansyah, Kepala BPS Sulsel, dalam acara sinergi media, di Swiss-Bel Hotel Makassar, Selasa (18/2/2020).

Loading...

Menurut Yos Rusdiansyah, karena adanya beberapa pihak yang tidak bertanggung jawab yang mendompleng nama BPS, maka masyarakat diminta tidak melakukan sensus di situs lain, kecuali situs resmi BPS.

“Situs resmi itu sudah dilengkapi dengan keamanan data yang sudah dikemas dari tim IT BPS pusat. Data tersebut akan disimpan langsung ke server BPS. Insya Allah, kami akan menjaga kerahasiaan data warga,” katanya.

Ia juga menjelaskan, khusus di Provinsi Sulsel, jumlah perkiraan penduduk yang akan dicatat mencapai lebih 8,8 juta jiwa. Sementara jumlah petugas 10 ribu orang. “Untuk rekrutman petugas, baru dimulai bulan April. Petugas akan diseleksi sesuai kriteria BPS,” pungkasnya. (eky)

Loading...

#TRENDING

To Top