EDUKASI BUDAYA

Refleksi Dua Tahun Kepemimpinan Syarianto di SMAN 11 Wajo

 

Wajo, Upeks.co.id–Inilah wujud kerja nyata. Dua tahun menjabat sebagai kepala sekolah. Syafrianto, S.Pd., M.Pd. telah mengantar SMA Negeri 11 Wajo meraih 40 prestasi.

Terdiri atas 9 prestasi nasional, 14 prestasi tingkat propinsi serta 17 prestasi tingkat kabupaten. Dari prestasi tersebut 27 diantaranya diraih oleh Kelompok Ilmiah Remaja Generasi Einsten ( KIR Genesis).

Adalah Syafrianto, S.Pd., M.Pd. berasumsi bahwa implementasi kinerja berbasis analisis penguatan kultur sekolah yang bermotto sebuah karya lebih bermakna dari seribu bahasa. Menerapkan manajemen terbuka, berbudaya prestasi, berbudaya lingkungan, dan melek teknologi serta kerja sama seluruh stackholder SMA Negeri 11 Wajo. Akhirnya berhasil meraih akreditasi sekolah dipredikat A unggul dengan nilai 92 dari Kementerian pendidikan dan kebudayaan. Yang tertuang dalam Permendikbud no 31 tahun 2019 Bab I, point 2 bahwa; sekolah ini berkinerja BAIK dalam menyelenggarakan layanan pendidikan dengan indikator jumlah siswa, nilai UNBK, Rapor mutu terus meningkat 2 tahun terakhir.

Menurut Ketua Komite H. M. Yassin A. Sejak Syafrianto, S.Pd., M.Pd. diamanhkan di SMA Negeri 11 Wajo sekolah ini telah berkembang sesuai visi, misi sekolah.

Masyarakat/orang tua antusias untuk menyekolahkan anaknya di SMA Negeri 11 Wajo juga semakin tinggi.

Selain itu sekolah ini semakin maju dan berprestasi serta aktif diberbagai kegiatan, terbukti dengan dipercayanya sekolah ini mengikuti seleksi kantin sehat dan sekolah adiwiyata. Meskipun standar sarana dan prasaran belum terpenuhi sebgaimana yang diamanhkan oleh BNSP.

Loading...

Oleh Ridwan, S.Pd. pembina KIR Genesis, berkat motivasi dan dukungan dari kepala sekolah, eskul yang dibinanya dalam dua tahun ini telah berhasil menciptakan berbagai inovasi yang tentunya mampu diaplikasikan langsung dalam kehidupan masyarakat.

KIR Genesis telah berhasil membuat oven pengering ikan, biobaterai hemat energi, briket ramah lingkungan, jemuran otomatis serta rancangan irigasi tetes yang dapat meningkatkan produksi dibidang pertanian yng merupakan inovasi dari siswa yang tergabung di KIR Genesis dan aktif mengikuti bimbingan setiap hari sabtu.

KIR Genesis SMA Negeri 11 Wajo juga telah mendapat kepercayaan menjadi mitra eskul KIR sekolah lain baik SMP maupun SMA di Kabupaten Wajo.

“Saya selalu menghimbau agar pembelajaran di kelas harus terkoneksi dengan perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi,” kata Syafrianto, S.Pd., M.Pd.

Hal ini, menurutnya, dirasa penting karena pendidikan berbasis TIK juga dinilai lebih efektif dan efisien untuk memberikan pemahaman kepada siswa.

Bahwa era 4.0 menuntut jamannya era digital, maka SMAN 11 Wajo juga terus berbenah. Hal dibuktikan dengan serangkaian kegiatan pembelajaran termasuk penilaian sudah berbasis digitalasi, bahkan di sekolah tengah dikembangkan perpustakaan digital.

“Semangatnya adalah menerapkan manajemen terbuka, berbudaya prestasi, berbudaya lingkungan dan melek teknologi serta kerja sama seluruh stackholder, cukup sederhana menurutnya,” katanya.(rls)

Loading...

#TRENDING

To Top