ANEKA

Lantik UPZ Desa, Bupati Berupaya Tuntaskan Kemiskinan

ENREKANG,UPEKS.co.id —Sebanyak 169 orang Koordinator UPZ Baznas Desa dan Kelurahan dilantik Bupati  Enrekang, Muslimin Bando. Kegiatan dirangkaikan Workshop Organisasi Baznas di Rujab Bupati, Senin  (17/2/2020)

Acara bertema ”Peran dan Strategi Amil Zakat Dalam Mewujudkan Enrekang sebagai Kabupaten Muzakki Menuju  Semesta Kebjikan Zakat” itu dihadiri Ketua Divisi UPZ Baznas RI H. Faisal Qasim. Lc , Bupati Enrekang Muslimin  Bando, Pimpinan Baznas Enrekang Mursjid Saleh Mallappa an Jajaran Pimpinan Baznas Enrekang.

Selain itu  hadir pula Pimpinan Baznas Kabupaten Barru H. Minu, Unit Pengumpul Zakat (UPZ) Tingkat  Kecamatan/Kelurahan.

Ketua Panitia pelaksana, Ilham Kadir mengatakan, tahun ini periode terakhir dirinya dan Pimpinan Baznas lainnya  berada di BAZNAS.

” Olehnya kami berkomitmen dalam hal peningkatan SDM. Jadi masing – masing Pimpinan Baznas Enrekang sudah mengikuti pelatihan Amil yang dianggap Kompeten. Harapan Kita Baznas Enrekang bisa Berkembang  mengikuti Baznas Pusat,” kata Ilham Kadir.

Dia berharap Baznas Enrekang dapat bekerja maksimal melayani masyarakat. Olehnya itu dilakukan pelantikan UPZ Kecamatan lima orang per Kecamatan dan UPZ Desa satu per desa.

Loading...

” Ini adalah bukti bahwa kita serius untuk kelolah Zakat dengan baik berdasarkan kualitas SDM yang baik pula” ujarnya.

Sementara itu Ketua Baznas Enrekang, Mursyid Saleh Mallappa mengatakan tujuan dibentuknya UPZ Desa karena Geografis wilayah Enrekang yang cukup sulit.

” Jadi dibutuhkan personil untuk sampaikan data kepada
kami terkait masyarakat butuh bantuan sekligus mengumpulkan Zakat dari warga yang ingin berzakat” kata  Mursyid.

” Saya yakin orang yang dilantik ini adalah orang yang punya kapabilitas dan kemampuan dalam pengelolaan Zakat. Terima kasih kepada Pemda terkait penegakan Perda Zakat karena disediakan anggaran untuk itu. Akan ada honorarium yang diberikan kepada UPZ Kecamatan dan Desa. mulai januari akan diberlakukan, anggarannya sudah disiapkan,” sambung Mursyid.

Bupati Enrekang Muslimin Bando dalam sambutannya mengatakan akan terus berupaya menuntaskan kemiskinan  agar warga yang masih berada dibawah garis kemiskinan dapat ditangani para UPZ.

” Mulai hari ini kita merubah niat, bahwa kita mengikuti pelantikan sehingga kedepan kita dapat bekerja dengan  baik, sehingga memberi kesadaran kepada saudara-saudara kita yang diberi Rezki oleh Allah Swt untuk  mengeluarkan Zakatnya. Saya tidak pernah berhenti untuk memikirkan bagaimana supaya agar Zakat ini dapat
berjalan dengan baik,” kata MB.

“Insya Allah tahun ini kita akan mendirikan Kantor untuk Baznas dan rencananya mengambil lokasi dengan ukuran  2000 Meter persegi dan juga memberikan bantuan operasional kepada Baznas Kabupaten Enrekang”.  Pungkasnya ( Sry )

Loading...

#TRENDING

To Top