ANEKA

Polemik Addatuang Sidenreng, Ini Harapan Pemkab Sidrap

SIDRAP UPEKS. co. id— Terkait polemik yang beredar di masyarakat mengenai adanya dua kubu yang saling
mengklaim sebagai Addatuang Sidenrang ke XXV, Pemkab Sidrap menyampaikan pernyataan dan harapan.

Pernyataan tersebut disampaikan Sekretaris Kabupaten Sidrap, Sudirman Bungi, Ahad 16 Februari 2020.

Terdapat lima poin dalam pernyataan tersebut, selengkapnya sebagai berikut, Karena hal ini merupakan urusan  internal keluarga besar Keturunan Addatuang Sidenreng, maka Pemerintah Daerah Kabupaten Sidrap tidak ikut  mencampuri perbedaan tersebut.

Apalagi, ikut mendukung salah satu diantara kedua kubu yang ada. Selanjutnya Bapak Bupati justru mengimbau  dan mengharapkan kedua belah pihak yang berbeda pandangan itu untuk duduk bersama sebagai keluarga dan  secara kekeluargaan melakukan musyawarah mufakat menyelesaikan perbedaan pandangan.

Selanjutnya, Bupati tidak memiliki kewenangan melantik atau mengukuhkan Addatuang Sidenreng, karena  kedudukan Lembaga Addatuang Sidenreng sama halnya dengan organisasi kemasyarakatan lain.

Loading...

Tentunya, memiliki aturan internal tentang suksesi kepemimpinannya, yang tertuang dalam Anggaran Dasar dan
Anggaran Rumah Tangga masing masing.

Kemudian, menjadi tanggung jawab pemerintah untuk membina dan bermitra dengan semua organisasi  kemasyakatan yang ada, yang penting kegiatannya sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang ada.

Oleh karena itu, Bupati Sidenreng Rappang tidak akan melakukan pelantikan atau pengukuhan Addatuang  Sidenreng ke XXV, hal ini juga sejalan dengan arahan Bapak gubernur Sulawesi Selatan.

Adapun terkait adanya informasi bahwa akan ada beberapa orang perwakilan raja-raja dari daerah lain baik di  dalam maupun dari luar Sulawesi Selatan yang akan berkunjung ke Kabupaten Sidrap,.

Tentunya, pemerintah daerah sangat terbuka untuk menerima dan menjamu mereka sebagai tamu daerah.  Namun sekali lagi tidak dalam rangka kaitannya dengan pelantikan Addatuang Sidenreng ke XXV.

Untuk diketahui, arahan Gubernur Sulsel, Nurdin Abdullah menyangkut Addatuang Sidenreng XXV,  disampaikannya saat menerima Bupati Sidrap, H Dollah Mando di rumah jabatannya, Jumat 7 Februari 2020 lalu.

Saat itu Dollah Mando datang didampingi Kadis Kominfo Sidrap, H Kandacong Mappile dan Inspektur Kabupaten  Sidrap, Rohady Ramadhan datang melaporkan rencana peringatan Hari Jadi ke-676 Sidrap, ungkap Sudirman  Bungi. (Risal Bakri).

Loading...

#TRENDING

To Top