ANEKA

Tingkatkan SDM Desa, PMD Programkan Pelatihan Siskeudes

SINJAI, UPEKS.co.id—Guna meningkatkan kapasitas Desa dalam pengelolaan keuangan. Dinas Pemberdayaan
Masyarakat Desa (PMD) Sinjai tahun 2020 berencana melakukan pelatihan secara bertahap untuk Peningkatan
Sumber Daya Manusia (SDM) Kepala Desa, perangkat, BPD dan Bumdes, Lembaga Kemasyarakatan Desa.

Kepala Dinas PMD Sinjai, Yohadi Samad mengungkapkan, sebagai langkah awal pihaknya akan melakukan  monitoring evaluasi (monev) Pengelolaan Anggaran desa di Kabupaten Sinjai.

Loading...

“Tahap awal kami akan evaluasi dulu realisasi pencapaian program pembangunan desa untuk mengetahui  kendala, permasalahan, potensi serta kondisi yang dihadapi di desa dan mencari solusi terbaik. Supaya kedepan desa bisa lebih baik dalam mengelola anggarannya sendiri,” ujarnya.

Yohadi mengatakan tahun ini juga lebih cenderung ke pembinaan melalui pelatihan dalam pengelolaan sistem keuangan desa (siskeudes) dan pengembangan pembangunan kawasan pedesaan.

“Banyak hal yang harus dilakukan untuk pengembangan desa. Diantaranya Kepala desa dan perangkatnya harus  paham akan tupoksinya terlebih dahulu. Kepala desa diharapkan melibatkan semua perangkat dan stakeholder dalam membuat perencanaan hingga penyelesaian program pembangunan desa,” jelasnya.

Lanjut Yohadi untuk Peningkatan SDM Kepala Desa, sekertaris, bendahara hingga perangkat yang lainnya kami akan melibatkan Lembaga-Lembaga Diklat resmi yang cukup berpengalaman. (egy)

Loading...

#TRENDING

To Top