EDUKASI BUDAYA

11 Mahasiwa UNCP Uji Kompetensi di KPU Lutra

LUTRA.UPEKS.co.id — Mahasiswa Universitas Cokrominoto Palopo (UNCP) jurusan Teknik Informatika  melakukan Praktek Kerja Lapangan (PKL) untuk uji kompetensi Teknik Informatika di Komisi Pemilihan Umum  (KPU).

11 Mahasiswa UNCP Praktek Kerja Lapangan(PKL) merupakan suatu program belajar atau kegiatan di  perguruan tinggi yang pada dasarnya harus diikuti oleh seluruh mahasiswa.

Berdasarkan Undang-undang No.20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, UU No.14  Tahun 2005 tentang guru dan dosen, Undang-undang No.12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi, Peraturan pemerintah No.4 Tahun 2014 tentang Pendidikan dan Pengelolaan Perguruan Tinggi, dan Peraturan Menteri
Pendidikan Nasional No.49 Tahun 2014 tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi.

“Pasalnya, berdasarkan peraturan tersebut tujuan dari pelaksanaan PKL adalah mahasiswa mampu mengimplementasikan, mengembangkan keilmuan dalam dunia kerja/masyarakat, sesuai dengan kompetensi  yang dimilikinya, sehingga dapat menambah pengetahuan, pengalaman, dan keahlian sesuai dengan bidang
keilmuannya,”ujar anggota KPU Lutra Komisioner Divisi Data Perencanaan dan Informasi Supriadi.

Program PKL Mahasiswa UNCP di Kantor KPU Lutra merupakan salah satu mata kuliah sebagai wadah untuk uji kompetensi pribadi para Mahasiswa untuk menerapkan pengetahuan, keahlian dan keterampilan mahasiswa dan hari Jumat(14/2/2020) sudah berakhir selama 45 hari dimulai tanggal 7 Januari 2020.

Akan hal itu, apakah mahasiswa yang melakukan Praktek Kerja Lapangan memperoleh pengetahuannya terkait  pengumpulan data dan analisis data yang terkait dengan masalah dalam tuntutan menulis laporan penelitiannya  nanti?

Peranan perguruan tinggi bahwasanya akan menjadi tolak ukur yang strategis bagi masyarakatnya. Perguruan  tinggi diharapkan tidak saja sebagai sarana pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi tetapi sekaligus  sebagai sarana pelatihan dan pematangan sumber daya manusia yang akan siap memasuki teknostruktur  (keadaan) masyarakat industrial dimasa depan.

Dosen pembimbing Mahasiswa PKL, Muhammad Idham Rusdi, ditemui media ini mengatakan, hal ini menunjukkan  bahwa sifatnya PKL diwajibkan bagi mahasiswanya agar mengetahui dunia pekerjaan.

Dunia kerja diartikan sebagai gambaran tentang orang-orang yang bekerja.

Memang bagi mahasiswa sendiri sistem belajar mengajar tidak cukup jika hanya mempelajari teori saja, tetapi juga  memerlukan praktek. Hal ini tentu bertujuan untuk memperdalam pengetahuan mahasiswa dari materi yang  diberikan oleh dosen. Kalau di kampus, mahasiswa terkadang bosan dan kurang mengerti betul bagaimana
deskripsi pekerjaan mereka.

Setelah terjun langsung ke lapangan mahasiswa bisa paham bahkan menguasai penuh sehingga bisa  menjelaskan dengan bahasa mereka sendiri tanpa terpaku pada referensi yang ada di media.

” Kami atas nama pihak Kampus UNCP mohon maaf jika adalah hal yang kurang berkenan selama  mahasiswa/mahasiswi ber PKL mohon dimaafkan,”tutur Rusdi pada media ini usai berfoto bersama.

Hadir dalam penarikan PKL sebelas Mahasiswa/i UNCP, yakni anggota KPU Lutra Divisi Parmas dan SDM  Rahmat, para Kasubag dan staf. (yustus)

Loading...

#TRENDING

To Top