ANEKA

Berdayakan Mustahik BAZNAS Enrekang Bagi-bagi Kambing di Kulinjang

ENREKANG,UPEKS.co.id— Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Enrekang terus melakukan
pemberdayaan bagi golonga miskin, atau yang disebut mustahik. Mistahik adalah orang yang berhak menerima  zakat.

Untuk itu Baznas Enrekang kembali menyalurkan bantuan 19 ekor kambing untuk masing – masing 10 Mustahik.  Setiap Mustahik mendapat 18 kambing betina dan 1 ekor kambing jantan.

Menurut Pimpinan Baznas Enrekang, Ilham Kadir pemilihan mustahik di Kulinjang karena berdasarkan riwayat  pembagian kambing tahun 2017 oleh Baznas sangat berhasil.

“Kami sudah turunkan tim dari Baznas dan masyarakat setempat, hasil ternak kambing dari Baznas di daerah ini  sangat cocok, selain itu masyarakat juga familiar dengan kambing,” ujar ayah dua putri itu.

Alasan lain, menurutnya, kali ini Baznas ingin serius menekan angka kemiskinan dengan cara fokus pada tiitk  tertentu. Salah satunya adalah daerah Kulinjang yang hanya berjarak 5 KM dari Kantor Bupati Enrekang.

Loading...

“Selain kambing, kami juga menyalurkan porang bagi petani, ini semua upaya-upaya yang kita lakukan untuk  mengurangi angka kemiskinan,” imbuhnya.

Ada pun skema pemberian bantuan sifatnya bersyarat, minimal yang mendapat kambing hari ini 2 ekor agar ke  depan dapat berbagi ke sesama mustahik.

“Semangat kita berbagi, jadi kami harap ke depan yang mendapat bantuan hari ini supaya berusaha untuk memberikan bantuan kepada saudaranya yang lain, minimal dua ekor kambing kalau memang memungkinkan,  saya yakin itu bisa,” harapnya.

Peserta Calon Anggora Baznas RI itu menyampaikan bahwa pada prinsipnya kewajiban pengelola zakat adalah  menyalurkan dengan tepat kepada mustahik, dan pada tahap tertentu mereka yang mutahik berubah menjadi  muzakki atau munfiq.

“Jadi harus ada perubahan, awalnya dapat bantuan dari Baznas, lalu berhasil dan berinfak bahkan berzakat ke  Baznas, begitu target kita,” paparnya.

Penerima manfaat zakat, Abdul Ghani sangat gembira, awalnya tak menyangka akan mendapat bantuan, namun  setelah melihat kambing yang akan dibagikan baru percaya.

“Sudah biasa didata mau dikasih bantuan, kali ini baru terwujud, terima kasih banyak. Semoga ini bisa beanfaat  buat kami sekeluarga, memang saya sangat ingin pelihara kambing tapi tidak ada modal. Baznas wujudkan cita-cita kami,” katanya penuh semangat. ( Sry )

Loading...
Loading...

#TRENDING

To Top