RAGAM

Komunitas Alumni Jepang di Indonesia Rayakan Ulang Tahun

BEKASI, Upeks.co.id–Komunitas Alumni Jepang di Indonesia, KAJI merayakan ulang tahun yang ke-10 di Hotel Horison Bekasi, Sabtu 8 Februari 2020. Acara dikemas dalam bentuk Sharing Knowledge & Networking.

Tampil sebagai pembicara kali ini adalah Mr. Takahiro Wakabayashi, Direktur Informasi dan Budaya Kedutaaan Besar Jepang dan M Abas Ridwan, mantan wakil Duta Besar Indonesia di Jepang. Selain itu, beberapa pelaku usaha maupun petinggi institusi yang berhubungan dengan Jepang, turut menjadi pembicara dalam tajuk “Sharing Knowledge” dalam acara ini.

KAJI yang diketuai oleh Fuad Kadir, adalah organisasi alumni Jepang selain Persada yang sudah jauh lebih duluan ada. Dari sisi karasteristik organisasi, KAJI cenderung digerakkan oleh alumni-alumni yang relatif muda, sementara Persada berisi alumni-alumni senior. Ciri khas lain dari KAJI adalah, disamping beranggotakan alumni-alumni Universitas Jepang, juga termasuk alumni-alumni training, dan bahkan warga negara Jepang yang berada di Indonesia.

Presiden Direktur PT. Prime Strategy Indonesia Daeng Marowa yang merupakan salah seorang ketua KAJI yang kami hubungi melalui pesan whatsapp, membenarkan bahwa KAJI merayakan ulang tahun yang ke-10 hari ini. “Iya, kami sedang berulang tahun, dan acara seperti ini selalu dikemas dalam bentuk berbagi pengetahuan sekaligus ajang untuk memperluas jaringan, khususnya yang berhubungan dengan Jepang dan Indonesia,” ujar Daeng Marowa.

Sebagai salah seorang pengurus inti KAJI, Daeng Marowa yang juga merupakan bakal calon wakil Bupati Kabupaten Kepulauan Selayar menjelaskan bahwa aktifitas KAJI lebih ke kegiatan sosial dan pengenalan budaya Jepang dan Indonesia. Setiap tahun sudah dirancang berbagai acara bakti sosial dan event budaya. Sebut misalnya acara Sakura Matsuri yang diadakan tiap tahun.

Loading...

Acara Sakura Matsuri yang tiap tahun dilaksanakan KAJI, merupakan pagelaran budaya Jepang dan Indonesia terbesar di tanah air. Acara ini selalu diikuti oleh sekitar 200 ribu pengunjung tiap tahunnya. Demikian juga acara-acara bakti sosial lainnya.

Hal ini yang menyebabkan pada tahun 2019 KAJI dianugerahi penghargaan oleh Kedutaan Besar Jepang di Indonesia, sebagai organisasi yang berjasa besar dalam hal pengenalan budaya Jepang di Indonesia.

Selain aktifitas di bidang sosial, KAJI juga aktif dalam memfasilitasi investor-investor berbagai daerah di Jepang untuk mempelajari potensi berinvestasi di Indonesia. “Karena KAJI sering menggunakan tagline, -Jepang dan Indonesia, Bergandengan tangan untuk maju bersama-“, demikian Daeng Marowa menambahkan.

Selamat ulang tahun KAJI! Di usianya yang ke-10, Semoga KAJI selalu terdepan berkontribusi di berbagai bidang untuk kemajuan Indonesia, khususnya yang berhubungan dengan Jepang. (*)

Loading...

#TRENDING

To Top