Tinggi Animo Pendaftar PPK di KPU

  • Whatsapp
Tinggi Animo Pendaftar PPK di KPU

Lutra, Upeks.co.id – Animo pendaftar untuk lowongan Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) di Kabupaten Luwu Utara(Lutra), Sulawesi-Selatan(Sulsel) cukup tinggi. Ada 323 orang pendaftar sehingga persaingan cukup ketat, yakni laki-laki 209 dan perempuan 114 orang.

Dengan banyaknya pendaftar, banyak calon PPK yang gugur dalam seleksi. Mereka diberi kesempatan menjadi anggota Panitia Pemungutan Suara (PPS).

Bacaan Lainnya

Anggota KPU Lutra Rahmat divisi Parmas dan SDM mengatakan peserta PPK yang belum beruntung memiliki peluang besar untuk kembali ikut tes PPS.

“Mereka yang tidak lolos masih berpeluang untuk mengikuti tes PPS,” ujarnya.

Kesempatan tersebut juga terbuka untuk umum. Persyaratan dan prosedur untuk menjaring PPS juga sama dengan PPK. Masyarakat juga diberikan kesempatan untuk melakukan pemantauan tahapan dari proses tersebut.

“Bila nanti, ada peserta calon PPS yang masuk menjadi pengurus partai politik atau menjadi tim sukses. Masyarakat diberikan kesempatan untuk melapor. KPUD juga memastikan pihaknya akan merahasiakan si pelapor,” kata Rahmat pada media ini, Sabtu(25/1/2020), seraya menambahkan pemeriksaan berkas atau penelitian pada tanggal 25-27 Januari 2020.

Sementara itu, Kamis(30/1/2020), KPU Lutra akan melakukan seleksi tertulis kepada calon PPK dari 15 kecamatan. Hasil tes tertulis akan diumumkan pada tanggal 3-5 Februari 2020 mendatang . Kemudian tahap berikutnya , dilanjutkan dengan tes wawancara pada 8-14 Februari 2020. Jadi tanggal pengumuman hasil seleksi wawancara berlangsung 7 hari 15-21 Februari. Pelantikan PPK yang dinyatakan KPU Lolos anggota PPK pada 29 Februari 2020. Untuk anggota PPK per kecamatan hanya dipilih lima orang terbaik.

Serta masa kerja anggota PPK yang dinyatakan bersyarat untuk Pilkada 9 bulan terhitung 1 Maret sampai 30 November 2020.(yustus)

Pos terkait