ANEKA

Seko Dalam Bingkai Segi Tiga Emas

LUTRA.UPEKS.co.id— Perbaikan infrastruktur ke Kecamatan Seko Kabupaten Luwu Utara(Lutra), Sulawesi-Selatan (Sulsel), sangatlah berdampak positif bagi masyarakat Seko. Baik dari segi pertumbuhan ekonomi dan
akses jalan yang mudah dilalui dan mengurangi pundi pembayaran ojek yang mahal.

Hal ini dituturkan Sekretaris Yayasan Masyarakat Seko Bersatu (YMSB), Awal Bangai pada media ini, Kamis  (2/1/2020) malam.

Menurutnya, perkembangan zaman akan terus berjalan seiring berjalannya waktu, dan disitu  pulalah akan muncul berbagai macam tantangan menghadapi perkembangan zaman dan kemajuan teknologi (IT).

“Ini akan menjadi fakta lapangan di kemudian hari dan tentunya itu yang akan menjadi tantangan Masyarakat Seko  saat ini, hingga tidak terbawa arus jadi penonton di kampung sendiri,” ucapnya.

Hosting Unlimited Indonesia

Nah putra Seko dari Desa Hoyane ini menyampaikan pada seluruh warga Seko di kampung sendiri, diperantauan  bahkan didaratan Tana Luwu, Apa yang harus disiapkan untuk menghadapi perkembangan Zaman? Apalagi  infrastruktur ke Seko nantinya di aspal semua sampai ibukota Kecamatan.

Awal Bangai memotivasi, pertama kita persiapkan diri dari segi peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM), baik  Pendidikan, Kesehatan, Ekonomi, Mental, bsik fisik dan rohani. Kedua persiapkan diri dari kelengkapan dokumen  berharga, seperti status tanah sah secara hukum.

Selanjutnya, ketiga persiapkan dan mendorong percepatan pemetaan tata ruang wilayah Seko secara sah  pengakuan Tana Adat dan Masyarakat Adat.

Ke empat, mempertahankan kearifan lokal budaya di masyarakat, ke lima mengelola lahan yang masih berpotensi  Perkebunan dan Persawahan. Ke enam mendorong percepatan tapal batas Desa, Kecamatan dan Provinsi yakni  Sulawesi-Selatan, Sulawesi Barat dan Sulawesi Tengah.

“Hal ini guna menghindari provokasi-provokasi yang berujung Konflik Sosial, karena Kecamatan Seko kaya akan  Sumber Daya Alam (SDA) nya,” pungkas Sekretaris YMSB itu. (yustus)

#TRENDING

To Top