Satpolair Polres Pelabuhan Ajak Nelayan Utamakan Keselamatan

Satpolair Polres Pelabuhan Ajak Nelayan Utamakan Keselamatan

Satpolair Polres Pelabuhan Ajak Nelayan Utamakan Keselamatan

MAKASSAR, UPEKS.co.id — -Satuan Polisi Perairan (Satpolair) Polres Pelabuhan Makassar melaksanakan patroli
laut di Pelabuhan Tradisional Paotere, Sabtu (11/1/20) sekitar pukul 16.30 Wita.

Bacaan Lainnya

Patroli itu digelar selain memberikan himbuan Kamtibmas kepada nelayan dan ABK, polisi juga ingatkan agar  berhati-hati saat melaut. Polisi pun ingatkan, utamakan keselamatan.

Kapolres Pelabuhan Makassar, AKBP Kadarislam melalui Paur Humas Iptu Tumiar mengatakan, kegiatan patroli  tersebut digelar guna mencegah hal-hal yang tidak diinginkan bagi nelayan, apalagi saat cuaca ekstrem.

“Anggota mengingatkan untuk menjadikan kewaspadaan bagi para nelayan agar tidak melaksanakan aktifitas  apabila cuaca tidak memungkinkan untuk berlayar, ” kata Itpu Tumiar, Minggu (12/1/20).

Dalam kesempatan itu, Kasat Polair AKP Iksan juga menghimbau, jangan memaksakan berlayar jika cuaca buruk  dan gelombang tinggi, jangan membawa muatan barang dan penumpang melebihi kapasitas.

“Kapal atau perahu harus dilengkapi alat keselamatan berupa life jaket pelampung, ring boy dan alat navigasi baik  gas maupun alat komunikasi, lengkapi dokumen kapal. Kesemuanya harus di perhatikan dengan baik,” imbuhnya.

Satpolair juga memberikan memberikan pemahaman agar para nelayan bisa proaktif menjaga ekosistem laut dan adanya kedekatan para ABK kapal nelayan dengan anggota Satpolair.

Tujuannya agar adanya silaturahmi serta membangun komunikasi Kamtibmas untuk bersama-sama menjaga  perairan laut dari ulah oknum yang tidak bertanggung jawab. (Jay)

Pos terkait