Uncategorized

Rayakan HAB ke 74 Kemenag, Puluhan Ribu Peserta Ikut Gerak Jalan Kerukunan

MAKASSAR, Upeks.co.id–Puluhan Ribu Aparatur Kementerian Agama Se-Sulsel memadati Lapangan Karebosi Makassar, Sabtu, 4 Januari 2020. Kedatangan mereka untuk menghadiri acara Gerak Jalan Santai Kerukunan (GJSK) dalam Rangka merayakan Hari Lahir Kementerian Agama yang ke 74 tahun 2020 yang dikenal dengan Hari Amal Bakti (HAB).

Gerak Jalan Sehat Kerukunan (GJSK) Tingkat Provinsi Sulawesi Selatan ini merupakan salah satu Agenda Rutin Tahunan Kemenag Sulsel dan menjadi salah satu dari sejumlah rangkaian kegiatan HAB ke 74 di Prov. Sulsel, dimana pada tanggal 2 Januari 2020 lalu dilaksanakan Ziaran Ke Taman Makam Pahlawan Panaikang Makassar, dilanjutkan dengan Anjangsana ke sejumlah Panti Asuhan, lalu pelaksanaan Upacara Peringatan pada tanggal 3 Januari 2020 di Asrama Haji Sudiang Makassar, dan akan ditutup nantinya dengan Ramah Tamah di Aula Arafah Asrama Haji Sudiang Makassar pada tanggal 5 Januari 2020

Kakanwil Kemenag Prov. Sulsel H. Anwar Abubakar menyebutkan, melihat antusiasme peserta GJK, diperkirakan jumlah peserta yang hadir sekitar 20 ribuan. Hal ini sudah sesuai ekpektasi yang telah direncanakan sebelumnya, inipun juga belum sepenuhnya dihadiri oleh seluruh warga Kemenag Sulsel dari Seluruh Daerah Kabupaten Kota, ditambah juga dengan kehadiran para perwakilan umat seluruh Agama yang dikoordinir oleh para Ormas dan Wali Agama masing masing, dan Para Pengurus Dharma Wanita Persatuan Kemenag Se-Sulsel.

“Olehnya itu saya haturkan terima kasih atas atensi dan kehadiranta semua, ini membuktikan bahwa warga Kementerian Agama dan Umat Beragama di Sulsel solid dan bersatu, olehnya itu mari jaga kebersamaan dan Kerukunan ini seterusnya, khususnya di Sulawesi Selatan,” katanya.

Sementara itu, Gubernur Sulsel Prof. Dr. H. Nurdin Abdullah, M.Agr, sebelum melepas secara resmi peserta GJK Kemenag Sulsel menyampaikan kekagumannya kepada Kementerian Agama.

Menurut Nurdin Abdullah, Kementerian Agama diusianya yang ke 74 tahun ini sudah memperlihatkan pengabdian dan kerja kerasnya dalam membantu perjalanan bangsa ini, khususnya dalam pembangunan di bidang Keagamaan.

“Dan khusus di Sulsel kita semua merasakan dan melihat hasilnya, salah satunya Indeks Kerukunan Umat Beragama Sulsel berada pada angka yang memuaskan diatas rata rata indeks kerukunan secara Nasional, semoga Kementerian Agama khususnya di Sulsel bisa menjadikan kondisi lebih baik lagi kedepan, dan hari ini kita apresiasikan kegembiraan kita atas ulang tahun Kemenag dengan penuh rasa kebersamaan dan Kerukunan,” ucapnya.

Hosting Unlimited Indonesia

Sebelumnya Ketua Panitai HAB ke 74 Tingkat Prov. Sulsel H. Masykur menyebutkan dalam keterangannya bahwa seperti GJSK sebelumnya, disamping mengundang seluruh Aparatur kemenag se-Sulsel, panitia juga melibatkan Para Wali-wali Agama se Sulsel, Ormas Lintas Agama, dan seluruh mitra Kerja dan Kolega Kementerian Agama. “Hal ini untuk menegaskan bahwa Kerukunan antar umat beragama di Sulsel terjalin sangat baik sebagaimana tema besar yang diusung pada HAB ke 74 tahun ini yaitu Umat Rukun, Indonesia Maju,” jelasnya.

Gubernur Sulsel yang juga Mantan Bupati Kab. Bantaeng 2 periode ini usai mengangkat bendera star, juga turut berjalan berbaur bersama puluhan ribu Peserta GJSK didampingi oleh Kakanwil Kemenag Sulsel, Kapolda Sulsel, Pangdam XIV Hasanuddin, Walikota Makassar, Forkopimda Sulsel, para pimpinan wali Agama Agama Sulsel serta Para pejabat Eselon III dan IV di jajaran Kemenag Sulsel.

Dari Pantauan Personil Kemenag Bikers yang sejak start sampai Finish mengawal dan mengamankan jalannya acara GJSK ini, bahwa Barisan Peserta Gerak jalan Sehat kerukunan ini “Padat mengular” dari sejak keluar dari Lapangan Karebosi Makassar Jalan Ahmad Yani, Jln Jenderal Sudirman, Jl. Karunrung, Jl. Sultan Hasanuddin, Jl Slamet Riyadi, Jalan Ahmad Yani kembali ke Lapangan Karebosi. Sangking Padatnya, Barisan Pertama sudah memasuki jalan Slamet Riyadi, sementara Ratusan peserta baru mau mulai start dari lapangan Karebosi, dan Peserta GJSK Kemenag yang Menyemut ini sempat memacetkan arus kendaraan wilayah Barat Kota Makassar.

Panitia GJSK juga sudah menyiapkan sejumlah Doorprize diantaranya 4 Paket Umrah 3 diantaranya pemberian langsung dari Gubernur Sulsel dan satunya lagi dari Travel Haji Umrah Tazkiyah Global Mandiri, Kendaraan Bermotor, Sepeda, Barang Elektronik, dan sejumlah hadiah menarik lainnya termasuk voucher menginap di Hotel Claro Makassar. (*)

#TRENDING

To Top