MAKASSAR CITY

Pertamina Berdayakan Petani Kopi Dusun Cindako Lewat Program Penanaman 22.000 Bibit Kopi

MAKASSAR, UPEKS.co.id–Di awal tahun 2020 ini, PT Pertamina (Persero) Marketing Operation Region (MOR) VII langsung menebarkan manfaatnya kepada masyarakat melalui program Corporate Social Responsibility (CSR). Kali ini yang menjadi penerima manfaatnya adalah petani kopi di Dusun Cindakko, Desa Bontosomba, Kecamatan Tompobulu, Kabupaten Maros, Sulawesi Selatan.

Program yang bertemakan “Gerakan Penanaman 22.000 Pohon Kopi Cindakko” ini merupakan hasil kerjasama antara Pertamina MOR VII dengan Yayasan Wanua Panrita. Yayasan ini merupakan lembaga non-profit yang berdiri sejak tahun 2018 dan fokus pada bidang pendidikan, sosial dan ekonomi.

Kegiatan ini melibatkan 60 orang petani kopi dari Dusun Cindakko dengan menanam 22 ribu pohon kopi di hampir 55 hektar lahan tanam. Jenis pohon kopi yang ditanam pada kegiatan kali ini merupakan kopi khas Dusun Cindakko. Kopi Cindakko sendiri pernah diikutkan dalam festival International Coffee Day yang diselenggarakan pada 1 Oktober 2019 lalu di Kota Makassar dan menjadi salah satu varian paling menarik minat pecinta kopi di acara tersebut.

Hosting Unlimited Indonesia

Unit Manager Communication & CSR PT Pertamina (Persero) Marketing Operation Region (MOR) VII, Hatim Ilwan, mengatakan tujuan dari program ini adalah memberikan keterampilan bagi masyarakat Dusun Cindakko dalam membudidayakan kopi yang benar dan efektif sehingga membuka alternatif penghasilan lain bagi masyarakat. “Selain memberdayakan masyarakat secara ekonomi, tujuan program ini adalah untuk mengenalkan Kopi Cindakko ke masyarakat luas,” ujarnya.

Dusun Cindakko sendiri berada di pelosok pegunungan Kabupaten Maros yang berbatasan dengan tiga kabupaten, yaitu Kabupaten Gowa, Kabupaten Sinjai, dan Kabupaten Bone. Dusun ini terletak di ketinggian 700 hingga 1.300 mdpl di mana sangat memungkinkan untuk bercocok tanam kopi.

Kegiatan yang dilaksanakan oleh Pertamina MOR VII dan Wanua Panrita pada program ini antara lain persiapan lahan dan lubang tanam, penanaman, pemupukan serta pemeliharaan bibit kopi pra-produksi dan paska-ptoduksi.

Selain program pemberdayaan petani kopi, Pertamina MOR VII juga pernah memberikan bantuan ke Dusun Cindakko berupa sarana dan prasarana pendidikan pada tahun 2018 lalu. “Semoga bantuan yang diberikan dapat dimanfaatkan dengan baik dan ekonomi masyarakat Dusun Cindakko dapat semakin tumbuh,” tutup Hatim. (rls).

#TRENDING

To Top