ANEKA

Cuaca Ekstrem, Sekda Minta Agar OPD Aktif Koordinasi

Cuaca Ekstrem, Sekda Minta Agar OPD Aktif Koordinasi


CUACA. Sekda Enrekang Drs. H. Chairul Latanro didampingi Kasatpol PP dan Damkar Abd. Gani dan Plt Kadis Kesehatan Enrekang Sutrisno..Foto: Sry/Upeks.

ENREKANG,UPEKS.co.id— Sekretaris Daerah ( Sekda ) Enrekang Drs. H. Chairul Latanro, MM menegaskan,
semua unsur harus siap menghadapi bencana alam yang diakibatkan musim hujan dan angin kencang.

Dia menegaskan saat ini semua OPD harus saling berkoordinasi dengan Badan Penanggulangan Bencana  Daerah ( BPBD ) Enrekang agar dapat mengantisipasi hal terburuk yang akqn terjadi akibat musim penghujan dengan cuaca ekstrem.

“Menghadapi cuaca yang semakin extreem semua harus siap meski dengan segala keterbatasan. Jadi anggaran tidak menjadi alasan kita untuk tidak bertindak cepat jika terjadi bencana akibat hujan dan angin kencang yang bisa saja datang sewaktu – waktu,” kata Sekda.

Jika terjadi bencana disuatu daerah, Sekda meminta semua Dinas bergerak sesuai tupoksinya dan sesuai  kebutuhan daerah yang terdampak bencana.

” Satu hal, bahwa kita jangan putus informasi menyangkut cuaca dari BMKG dan jangan lengah terhadap informasi  cuaca. BPBD harus memberikan deteksi dini terkait keadaan cuaca kepada seluruh OPD dan masyarakat luas”.  Ujar Chairul Latanro.

Hal ini disampaikan Sekda Enrekang terkait hujan deras disertai angin kencang yang merusak beberapa rumah  dan memutus akses jalan di Kecamatan Maiwa, Kabupaten Enrekang.

Camat Maiwa Muhammad Alwi mengatakan akibat intensitas curah hujan yang sangat tinggi disertai angin  kencang sehingga jalan cor yang menghubungkan Dusun Cilallang dengan Dusun Tempe – Tempe, Desa Tapong  terputus.

” Ini terjadi pada hari Jumat, akses terdekat yang bisa ditempuh masyarakat justru amblas. Selain itu dihari Sabtu  ada rumah warga yang tertimpah pohon kemiri, hari Minggu dua rumah Warga Desa Bonto Mallangga terkena  angin puting beliung”. Kata Alwi.

Dia mengatakan hingga saat ini belum ada bantuan alat berat dari Instansi terkait untuk upaya perbaikan jalan yang  amblas. Alwi berharap bantuan segera datang agar masyarakat tidak menempuh jalan lingkar atau jalan yang  cukup jauh jika ingin menuju Ibu Kota Kecamatan Maiwa.( Sry )

#TRENDING

To Top