Bupati Lombok Timur Belajar Pengelolaan Wisata Bantimurung di Maros

  • Whatsapp
Bupati Lombok Timur Belajar Pengelolaan Wisata Bantimurung di Maros

Bupati Lombok Timur Belajar Pengelolaan Wisata Bantimurung di Maros

MAROS.UPEKS.co.id—Bupati Maros HM Hatta Rahman memaparkan keberhasilan Maros dalam kurun waktu 9
tahun terakhir ke Bupati Lombok Timur Sukiman Azmy.

Bacaan Lainnya

Hatta membeberkan keberhasilan Maros saat Bupati Lombok Timur melakukan kunjungan kerja dan kaji banding  Kabupaten Lombok Timur bersama Taman Nasional Gunung Rinjani ke kabupaten Maros, Selasa (28/1/2020).

Hatta membeberkan keberhasilan Maros memperoleh piala Adipura enam kali berturut-turut, opini WTP lima kali  berturut-turut serta prestasi dari berbagai bidang lainnya.

Hatta juga menyebut keberhasilan pemkab Maros melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Maros mendapat  Pendapatan Asli Daerah (PAD) dari objek wisata Bantimurung yang over target yakni Rp9 Miliar lebih.

“Taman Wisata Alam Bantimurung pengelolaannya Pemkab Maros tapi masuk dalam Taman Nasional  Bantimurung Bulusaraung. Pariwisatanya dikelola dan dimanfaatkan oleh Maros,” ujar Hatta. Hatta menyebut, baik  TN Babul maupun Pemkab Maros sama-sama membagi kewenangan dan memanfaatkan sehingga keduanya
merasakan manfaat.

Sementara itu, Bupati Lombok Timur Sukiman Azmy mengatakan, meski 54 persen area TN Gunung Rinjani  berada dalam wilayah Lombok Timur namun kabupaten Lombok Timur sedikit sekali merasakan manfaat dari TN  Gunung Rinjani.

Pihaknya datang ke Maros bersama jajaran TN Gunung Rinjani untuk melihat pembagian kewenangan antara  Pemkab Maros dan TN Babul sehingg keduanya merasakan manfaat besar dari keberadaan taman nasional.

“Permasalahan dengan kabupaten lain sudah terjadi puluhan tahun, karena itu kami dari Lombok Timur bersama  TN Gunung Rinjani ke Maros dan TN Babul untuk belajar sejauh mana kewenangan Pemkab Maros bersama TN Babul agar keberadaan Taman Nasional dirasakan manfaatnya oleh masyarakat,” jelasnya.

Kunjungan kerja dan kaji banding juga hadir kepala TN Gunung Rinjani Dedy Asriady serta Ketua DPRD Maros HA  Patarai Amir dan jajaran kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) lingkup Pemkab Maros. (alfi).

Pos terkait