SULAWESI SELATAN

Atasi Banjir Tahunan, Sinjai Akan Bangun Kolam Embun 

SINJAI, UPEKS.co.id–Untuk menanggulangi banjir tahunan di Kabupaten Sinjai. Pemerintah Daerah berencana melakukan Pembangunan Embun yang akan ditempatkan di jalan menuju kantor Bupati Sinjai Kelurahan Bongki Kecamatan Sinjai Utara.

Kabid Sumber Daya Air (SDA) PUPR Sinjai, Andi Syarifuddin mengungkapkan untuk menunjang pembangunan program tersebut baru dilakukan tender tahun ini untuk pembuatan desain. “Adapun anggarannya Rp 736 Juta yang bersumber dari APBN tahun 2020. Dengan proses dilakukan kajian geologi tanah dengan alat sondir untuk mengetahui kekuatan dan struktur tanah,” ujarnya.

Hosting Unlimited Indonesia

Sedang untuk pembebasan lahan menurut Andi Syarifuddin dibebankan ke Pemda. “Untuk kedepannya kami akan membuat embun ini menjadi multifungsi yakni bukan bersifat sebagai kolam pengendali banjir, tapi juga sebagai objek wisata,” katanya.

Lanjut Andi Syarifuddin untuk pembangunannya baru dilakukan di tahun 2021 mendatang yang anggarannya juga bersumber dari APBN pusat. “Untuk anggarannya kami belum tahu jumlahnya. Karena embun ini sebenarnya diprioritaskan untuk membendung luapan sungai bontongpare. Jadi kami juga akan membuatkan rumah kontrol dengan dilengkapi CCTV disertai dengan Petugas Penjaga Pintu Air (PPA) untuk memantau pergerakan air karena banjir ini hanya berlangsung maksimal 3 jam ketika luapan air dari sungai bontongpare bertemu pasang air laut,” terangnya. (egy)

#TRENDING

To Top