Aparat Desa, ASN, BPD Ikut Test PPK di Lutra. Ini Kata JaDI Luwu Raya

  • Whatsapp
Aparat Desa, ASN, BPD Ikut Test PPK di Lutra. Ini Kata JaDI Luwu Raya

Lutra, Upeks.co.id – Calon Penyelenggara di tingkatan Kecamatan di Kabupaten Luwu Utara (Lutra) yang mengikut test CAT calon Penyelenggara Pemilihan Kecamatan (PPK), ada beberapa ikut tes oleh para Aparatur Sipil Negara (ASN) dan juga aparat desa serta anggota Badan Permusyawaratan Desa (BPD).

Menanggapi hal itu, Ketua Presidium Jaringan Demokrasi Indonesia(JaDI) Luwu Raya, Abdul Aziz yang juga mantan anggota KPU Lutra pada media ini, Jumat(31/1/2020) mengatakan, ASN, Aparat Desa dan anggota BPD untuk menjadi PPK atau PPS itu sah-sah saja. Sebab aturan membolehkan itu. Tidak ada larangan, dengan catatan ada izin/rekomendasi dari pimpinan langsungnya.

Bacaan Lainnya

“Tentunya, ada aturan yang mengikat kalau ASN ingin menjadi PPK atau PPS. Mereka harus mempunyai izin dari pimpinannya atau instansi tempat mereka bekerja,” ujarnya, seraya menambahkan begitupun Aparat Desa dan BPD.

Namun untuk aparat desa, lanjut dia, untuk bisa menjadi PPK/PPS berbeda dengan ASN.

“Kalau BPD harus ada izin/rekomendasi dari Bupati. Begitupun ASN tidak perlu mundur, cukup ada izin/rekomendasi dari pimpinan langsungnya  atau BKPSDM secara tertulis,” ucapnya.

Aziz juga menyampaikan harapannya pada Pilkada serentak 23 September 2020 ini, khususnya di Lutra dapat menjadi contoh daerah lainnya.

“Sebab Bumi Lamaranginang julukan Kabupaten Luwu Utara ini, kita selalu mengutamakan sipakatau, sipakalebbi dan sipakainge.’ Itulah harapan kami selaku penggiat demokrasi Pilkada berlangsung aman dan damai,” pungkasnya.(yustus)

Pos terkait