ANEKA

Wanua Panrita Penyuluhan Pasca Tanam Pada Petani Kopi Cindakko

MAROS,UPEKS.co.id—Wanua Panrita kembali melakukan penyuluhan kepada petani kopi cindakko di Dusun
Cindakko, Desa Bontosomba, Kec. Tompobulu, Kab. Maros, Rabu (22/1/20).

Penyuluhan ini merupakan yang kedua kalinya setelah penyuluhan pertama pada November 2019 lalu.

“Penyuluhan yang di ikuti 60 petani kopi ini bertujuan menambah wawasan petani kopi tentang perawatan bibit  kopi pasca tanam guna menghasilkan bibit kopi yang berkualitas nantinya,” ujar Hamri Pasau, Salah satu relawan  Wanua Panrita.

Loading...

Kegiatan ini juga turut dihadiri oleh Tim Penyuluh KPH bulusaraung, Ketua barista coffe se-Makassar, dan Kepala  desa bonto-bonto sebagai pembuka kegiatan.

Pada kesempatan ini, Ahmad selaku Tim penyuluh Dari pihak KPH bulusaraung menegaskan bahwa pentingnya  menjaga kondisi hutan desa yang tengah digarap oleh petani kopi.

“Silahkan melakukan kegiatan penanaman asalkan tidak merusak kondisi hutan konservasi,dimana Lokasi dusun  cindakko berada Dalam kawasan hutan konservasi,” tuturnya saat penyuluhan.

Kepala Desa, Suparman juga menekankan pentingnya partisipasi masyarakat dalam budidaya kopi ini Yang dapat  meningkatkan perekonomian masyarakat dan mewujudkan kemandirian di dusun cindakko.

“Pemerintah Desa dukung sepenuhnya penanaman bibit & harapannya jadi ikon baru Kabupaten Maros biar jadi  perhatian khusus pemda untuk benahi Infrastruktur menuju Cindakko. Ada Objek wosata kopi baru selain di  Toraja,” katanya.

Selanjutnya,Tim Wanua Panrita Akan terus mendampingi kelompok petani kopi Dan melakukan monitoring Dan  evaluasi setiap bulannya,agar kualitas bibit kopi tetap terjaga nantinya. (jir)

Loading...
Loading...

#TRENDING

To Top