ANEKA

Stres Muncul Kembali, Inilah 6 Pemicunya

Upeks.co.id–Stres merupakan salah satu reaksi tubuh yang timbul ketika Anda menghadapi sebuah ancaman, tekanan, atau terdapat perubahan yang tidak sesuai.

Stres yang mudah muncul bisa berkurang, tetapi tidak menutup kemungkinan bahwa kondisi Anda bisa lebih buruk ketika menemui berbagai faktor yang memicu stres tersebut.

Penyebab stres mudah muncul kembali

Faktor yang menyebabkan hal tersebut pun beragam, seperti:

1. Hubungan personal, baik kepada orangtua, pasangan, atau teman.

2. Hubungan kelompok, seperti lingkungan kerja atau kelompok pertemanan.

3. Tekanan dalam pekerjaan, seperti burn out atau menganggur dalam waktu yang lama.

4. Kondisi finansial, terlilit hutang, pengeluaran terlalu banyak dibandingkan pemasukan.

5. Kondisi fisik dan mental akibat penyakit yang sudah menahun.

6. Merasa gagal dan kehilangan.

Salah satu penyebab dari stres yang sering muncul di kehidupan sehari-hari adalah hubungan yang tidak sehat. Apabila Anda menjalani hubungan yang tidak sehat, baik dengan orangtua maupun pasangan, kemungkinan besar kadar stres pada diri Anda akan lebih cepat melonjak.

Hal ini mungkin dikarenakan ada masalah yang tidak dapat diselesaikan, sehingga ketika masalah tersebut kembali ke permukaan, hal tersebut membuat mereka semakin stres.

Kondisi ini juga berlaku pada orang yang mengalami trauma. Entah itu trauma yang terjadi pada saat ia masih kecil maupun saat dewasa.

Stres tersebut mudah sekali untuk muncul ketika Anda sulit untuk melupakannya. Akan tetapi, semuanya kembali kepada masing-masing orang bagaimana menghadapi stres yang mudah muncul.(HelloSehat/jpnn/*)

Loading...

#TRENDING

To Top