ANEKA

Nobar Film A Brave Gentleman Sukses Mengaduk Jiwa Patriotisme Prajurit Lantamal VI

Makassar, Upeks.co.id–“A Brave Gentlemen” film yang berhasil sukses mengaduk jiwa patriotisme para Prajurit Pangkalan Utama TNI AL VI (Lantamal VI) Makassar saat pelaksanaan nonton bareng (Nobar) Film “Pertempuran Laut Arafuru” di gedung Sultan Hasanuddin Mako Lantamal VI, Rabu malam (15/01/2020).

Film yang mengisahkan tentang Pertempuran Laut Arafuru ini menjadi pengingat perjuangan aksi heroik salah satu pahlawan dari TNI AL yaitu Komodor Yos Sudarso yang rela mengorbankan dirinya demi menghadang laju kapal musuh penjajah dari Belanda.

Dalam film pertempuran yang berdurasi sekitar 25 menit tersebut terjadi pada tanggal 15 Januari 1962 yang merupakan peristiwa heroik dalam sejarah Angkatan Laut Indonesia yang ditunjukkan pelaut-pelaut  dibawah kepemimpinan Komodor Yos Sudarso.

Dengan dikumandangkannya  “Kobarkan Semangat Pertempuran” yang diserukan oleh Komodor Yos Sudarso lewat RTF ( Radio Telefoni) , mengiringi perlawanan RI Matjan Tutul menghadang armada musuh yang lebih unggul kekuatannya. RI Matjan Tutul akhirnya tenggelam bersama Komodor Yos Sudarso yang gugur sebagai kusuma bangsa.

Loading...

Komodor Yos Sudarso yang merupakan prajurit  pelaut sejati  menunjukkan keteladanan dan inspirasi kepemimpinan dalam melaksanakan tugas yang diemban. Sifat rela berkorban dan ikhlas dalam bekerja yang ditunjukkan merupakan nilai-nilai luhur  yang patut dicontoh bagi siapapun .

“Filmnya sangat bagus, sangat menggugah dan membangkitkan rasa patriotisme kami sebagai prajurit TNI AL serta sebagai pengingat kepada generasi penerus bangsa  tentang  perjuangan para pahlawan yang telah rela mengorbankan jiwa dan raganya untuk menjaga NKRI dari para penjajah” ujar Serka Herman saat ditanya usai pemutaran film.

Nobar film  tersebut  diawali dengan pembacaan sambutan Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Siwi Sukma Adji, S.E., M.M. oleh Wakil Komandan Lantamal VI Kolonel Laut (P) Baroyo Eko Basuki, S.H, M.M, dilanjutkan pemutaran film mengenang Pertempuran Laut Arafuru, mengheningkan cipta serta doa bersama dan diakhiri dengan menyanyikan lagu Gugur Bunga.

Turut hadir dalam nobar yang diputar pukul 21.35 Wita tersebut Para Asisten Danlantamal VI, Danyonmarhanlan VI,  Para Kadis dan Kasatker Lantamal VI serta seluruh personel personel Mako Lantamal VI.(rls)

Loading...
Loading...

#TRENDING

To Top