RAGAM

Jamaah Umrah Sisi Tour Ziarah di Mekkah

MEKKAH, Upeks.co.id–Jamaah umrah dari PT Sisi Tour berziarah disejumlah ditempat di Mekkah. Salah satunya di Jabal Rahmah. Jabal Rahmah sendiri adalah sebuah monumen yang mengingatkan ketika Nabi Adam dan Hawa bertemu setelah 200-300 tahun terpisah.

Jika dilihat secara kasat mata, Jabal Rahmah hanyalah tugu beton persegi empat setinggi 8 meter. Namun, lebih dari itu, di bukit setinggi sekira 70 meter ini telah terjadi 3 peristiwa maha dahsyat.

Bukit Kasih Sayang, demikian biasa orang menyebutnya, menjadi saksi 3 peristiwa penting bagi peradaban Islam. Dikisahkan bahwa tugu tersebut menjadi momentum pertemuan Nabi Adam dan Siti Hawa, Keyakinan Nabi Ibrahim dan wahyu terakhir Nabi Muhammad SAW.

Selain itu, jamaah umrah yang berjumlah 61 orang ini telah melaksanakan
Tawaf dan Sai. Tawaf merupakan ibadah mengelilingi Ka’bah sebanyak tujuh kali. Di mana tiga putaran pertama , jika memungkinkan dengan lari- lari kecil (raml), dan putaran selanjutnya berjalan biasa.

Sementara Sa’i adalah berjalan antara Shafa dan Marwah sebanyak tujuh kali dimulai dari Shafa dan diakhiri di Marwah. Sa’i dilakukan setelah thawaf, baik thawaf umrah maupun thawaf ifadlah (pada saat ini, tempat Sa’i telah menyatu dengan bangunan Masjidil Haram).

Sebelumnya, rombongan di Madinah telah mengunjungi Masjid Quba. Sebuah masjid yang terletak di tepi Kota Madinah, tepatnya 3 km di arah selatan Masjid Nabawi. Masjid Quba adalah masjid pertama yang dibangun oleh Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam.

Selain itu, jamah juga mengunjungi kebun kurma, Jabal Uhud dan perpustakaan. Di hari pertama tiba di Madinah, jamaah juga berdoa di Raodah dan ziarah di pekuburan Baqi.

Mereka berangkat dari Bandara Internasional Sultan Hasanuddin Makassar menuju Bandara Pangeran Muhammad Bin Abdul Aziz Madinah.Para jamaah ini mengikuti program 13 hari. Selama di Madinah menginap di Hotel Al Sahiliyah di depan pintu 26 Masjid Nabawi Madinah.

Sedangkan di Mekkah, rombongan di Hotel Pullman Zam -Zam Tower yang berada di pelataran Masjidil Haram Mekkah. Sebelum pulang ke tanah air, akan bermalam di Ibu Kota Saudi Arabia, Jeddah, di hotel bintang 5 Red Sea Hotel. Mereka akan mengunjungi Masjid Terapung yang berada di semenajung laut merah.

Jamaah akan makan siang di RM Ayam Bakar Wong Solo yang berada di Corneiz pusat perbelanjaan di Kota Jeddah.

Kepala Dinas Koperasi Sulsel Abdul Malik Faisal dan isteri masuk dalam rombongan yang berangkat bersama PT Sisi Tour pada Kamis, 9 Januari lalu. Selain itu, dalam rombongan ada pula Kepala Bapeda Sidrap Andi Muhamma Arsyad dan isteri.(rls)

Loading...

#TRENDING

To Top