SULAWESI SELATAN

Penerbangan Perintis Bersubsidi Mengudara di Pegunungan Terpencil Masamba-Rampi-Seko

Lutra, Upeks.co.id — Masyarakat daerah terpencil di pegunungan kawasan Luwu Utara yang selama ini menunggu pesawat perintis bersubsidi dari Masamba-Rampi-Seko mendapat akses transportasi kini sudah dapat tersenyum.

 

Karena diawal Januari 2020 penerbanfan perdana pesawat perintis penumpang yang disubsidi pemerintah. Mereka sudah bepergian ke daerah lain dengan dilayani transportasi udara alias penerbangan bersubsidi.

 

Hal itu diungkapkan Bupati Luwu Utara(Lutra), Hj. Indah Putri Indriani saat meresmikan penerbangan perdana subsidi angkutan udara perintis penumpang tahun 2020, Rabu(15/1/2020) di Bandar Udara Andi Jemma Masamba.

 

Penerbangan bersubsidi ini didanai anggaran pendapatan dan belanja negara (APBN) dan terbang perdana dari Masamba menuju Rampi-Seko.

 

Menggunakan maskapai swasta, Susi Air penerbangan subsidi itu akan menempuh rute Masamba-Rampi-Seko.

 

“Hari ini memang terbang perdana. Kami harapkan bisa sampai akhir tahun untuk menempuh dua daerah dipegunungan yang terpencil Kabupaten Lutra,” kata Bupati Indah.

 

Penerbangan perintis di Lutra kini dapat subsidi dari pemerintah.
Dengan penerbangan perintis itu, mobilisasi dari dua daerah terpencil di Lutra maupun ke tempat yang lain dapat terakomodasi.

 

Sementara itu Kepala UPBU Andi Jemma Masamba Moh Saboe mengatakan, bahwa penerbangan dari Masamba ke Rampi dan Seko maksimal dilakukan enam kali dalam seminggu.

 

Dia menjelaskan, seluruh harga tiket ditentukan pemerintah. Otomatis harga yang diberlakukan lebih terjangkau.

 

“Harganya ratusan ribu saja. Sudah ditetapkan menteri perhubungan,” tuturnya.

 

“Dan juga Kepala Dinas Perhubungan Lutra Hakim Bukara, berharap pembukaan penerbangan perdana pesawat perintis yang disubsidi pemerintah sangat membantu mobilitas warga.Hadir dalam kegiatan tersebut Kadis P2KUKM Muh Kasrum, Direktur Perumda Simpurusiang Abd Mahfud serta Distrik Manager Susi Air.(yustus)

Loading...

#TRENDING

To Top